PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V DI MI NEGERI 11 BLITAR

UMI NADIRAH, 12205173216 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V DI MI NEGERI 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas V d MI Negeri 11 Blitar” ini ditulis oleh Umi Nadirah, NIM. 12205173216, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran E-Learning, Motivasi, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi model pembelajaran e-learning di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, dimana pemerintah menekankan agar proses pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh ditengah fenomena pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar? (2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar? (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn Kelas V di MI Negeri 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel penelitian ini dari kelas V-A yang berjumlah 32 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui pendapat siswa tentang penggunaan model pembelajaran e-learning dan motivasi belajar siswa selama belajar PPKn, serta dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji instrumen, serta uji normalitas dan uji homogenitas matriks varian-kovarian sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas V di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar mata pelajaran PPKn diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,017 < 0,05, yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas V di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk hasil belajar mata pelajaran PPKn diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,993 > 0,05, yang berarti H_0 diterima dan H_a ditolak, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas V di MI Negeri 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi dan hasil belajar mata pelajaran PPKn diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada Roy’s Largest Root sebesar 0,004 < 0,05, yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173216 UMI NADIRAH
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:39
Last Modified: 16 Aug 2021 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item