PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AINA NUR AMBARI', 12204173027 (2021) PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI SPLDV KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa Materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Aina Nur Ambari’, NIM.12204173027, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Flipped Classroom, Hasil, Kemandirian Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada ujian tengah semester. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan pembelajaran siswa masih menggunakan pendekatan konvensional, dimana siswa masih fokus pada penjelasan guru. Kemandirian belajar pada siswa juga masih belum tampak. Ditunjukkan dengan adanya siswa yang bergantung dengan teman lainnya dalam mengerjakan soal matematika. Dari permasalahan tersebut diperlukan inovasi pendekatan baru untuk meningkatkan hasil dan kemandirian belajar siswa yaitu menggunakan pendekatan flipped classroom. Dengan pendekatan flipped classroom siswa mampu memanfaatkan waktu di kelas untuk menyelesaikan masalah, pengembangan konsep, dan terlibat dalam pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran flipped classroom sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan kemandirian belajar siswa. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 345 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Uji analisis data menggunakan uji independent sample t-test, uji mann-whitney, dan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. 2) Ada pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan taraf signifikansi sebesar 0,003. 3) Ada pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap hasil dan kemandirian belajar siswa materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ambari' aina nur
Date Deposited: 18 Aug 2021 03:21
Last Modified: 18 Aug 2021 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item View Item