KIKI HARDYANA SAFITRI, 12208173121 (2021) META-ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI JENJANG SMA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Meta-Analisis Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Jenjang SMA” ditulis oleh Kiki Hardyana Safitri, NIM. 12208173121, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Meta-Analisis, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Biologi Pembelajaran Biologi merupakan suatu pembelajaran yang menekankan pada penguasaan beberapa pengetahuan dan mengembangkan keterampilan proses penemuan berupa makhluk hidup dan fenomena alam lainnya. Suatu proses pembelajaran harus ditunjang dengan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan pemahaman siswa. Melalui penerapan model pembelajaran yang tepat terutama dalam pembelajaran Biologi akan mempengaruhi kemampuan siswa berpikir secara kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mata pelajaran Biologi di jenjang SMA adalah pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran ini tidak hanya menuntut siswa untuk memahami materi pelajaran saja, namun juga mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa secara optimal. Inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa sebagai tujuan akhir dari proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di jenjang SMA terutama pada mata pelajaran Biologi dapat diketahui dari banyaknya penelitian terdahulu yang telah membahas topik tersebut. Namun hanya sedikit dilakukan kajian ulang untuk merangkum dan menguji kembali keefektifan topik bahasan tersebut. Perlu adanya kajian ulang dengan metode penelitian meta-analisis, dimana metode tersebut digunakan untuk merangkum, meringkas, dan mendapat inti dari hasil temuan penelitian terdahulu. Adanya meta-analisis akan memudahkan para guru maupun peneliti lainnya dalam memperoleh informasi yang akurat. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain yaitu (1) mendeskripsikan meta-analisis pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada jenjang SMA, (2) mendeskripsikan meta-analisis pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada jenjang SMA, dan (3) mendeskripsikan meta-analisis pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis dengan menganalisis kembali beberapa hasil penelitian terdahulu. Pengumpulan data dengan menelusuri skripsi mahasiswa Tadris Biologi IAIN Tulungagung dan artikel jurnal nasional yang relevan dengan tema penelitian melalui situs jejaring internet. Data terkumpul sebanyak dua puluh yang telah memenuhi seluruh kriteria variabel dalam lembar pengkodean data. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis besar pengaruh atau effect size dengan rumus Glass yang didasarkan pada rerata masing-masing kelompok dan simpangan baku. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil analisis yaitu satu berupa skripsi dan sembilan belas berupa artikel jurnal yang penelitiannya tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan menggunakan materi pelajaran Biologi yang berbeda-beda. Uraian hasil penelitian yaitu (1) Perhitungan effect size pembelajaran inkuiri terbimbing yang diujikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran biologi di jenjang SMA menunjukkan adanya kecenderungan pengaruh dalam kategori besar dengan nilai rerata 0,99 > 0,25. (2) Perhitungan effect size pembelajaran inkuiri terbimbing yang diujikan terhadap hasil belajar siswa baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada mata pelajaran Biologi di jenjang SMA menunjukkan adanya kecenderungan pengaruh dengan kategori besar dengan nilai rerata 1,36 > 0,25. (3) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada beberapa materi pelajaran Biologi di jenjang SMA memberi pengaruh yang besar dibuktikan dengan rerata effect size 1,02 > 0,25. Dengan demikian secara keseluruhan pembelajaran inkuiri terbimbing memberi kecenderungan pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran biologi di jenjang SMA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173121 Kiki Hardyana Safitri |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 07:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21095 |
Actions (login required)
View Item |