PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ALQURAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 NGANJUK

ILMA NAELA FADLILAH, 12204173203 (2021) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS ALQURAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Alquran terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk” ini ditulis oleh Ilma Naela Fadlilah, NIM 12204173203, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Alquran, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor di antaranya, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang aktif bertanya, dan siswa yang memiliki semangat rendah dalam mengerjakan soal matematika. Selain itu, bahan ajar yang disajikan guru juga belum mengaitkan konsep matematika dengan ayat-ayat Alquran. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa. Adanya berbagai macam permasalahan tersebut menyebabkan suasana pembelajaran kurang kondusif sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran ini bukan hanya berkonsep pada hitungan saja, melainkan terdapat pesan moral yang tersirat dalam setiap materi. Hal ini dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik sehingga akan berpengaruh pada minat dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk, (2) Untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk, (3) Untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya berupa quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran dan siswa kelas VII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk uji hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0,039 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig. (2-tailed)= 0,039 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0,041 dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 sehingga sig. (2-tailed)=0,041 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Ada pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Alquran terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 6 Nganjuk. Hal ini dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji Manova ditunjukkan pada kolom Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root yaitu pada kolom intercept (sig. 0,000) dan kolom kelas (sig. 0,031) sehingga sig. < 0,05 maka keduanya H0 ditolak, dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: naela ilma
Date Deposited: 20 Aug 2021 01:34
Last Modified: 02 Nov 2021 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item