UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING MI RIYADLATUL ULUM POGALAN TRENGGALEK

EVI FUDZLIYATI, 12205173164 (2021) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING MI RIYADLATUL ULUM POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Pembelajaran Tematik melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Evi Fudzliyati, NIM. 12205173164, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata kunci: Upaya guru, Mind Mapping, Mind Map Silabus, Mind Map Bab, Mind Map Paragraf Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya seorang guru untuk mengetahui manfaat metode pembelajaran Mind Mapping yang salah satunya yaitu dapat meningkatkan daya ingat siswa. Sehingga peneliti mengamati upaya-upaya yang dilakukan oleh guru di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek dalam menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping. Metode pembelajaran Mind Mapping diterapkan pada pembelajaran tematik dalam berbagai jenis. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Silabus pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek?; (2) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Map Bab pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek?; (3) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Map Paragraf pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Silabus pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek; (2) Untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Map Bab pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek; (3) Untuk meningkatkan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Mapping jenis Map Paragraf pada pembelajaran tematik di MI Riyadlatul Ulum Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Semberdatanya diperoleh dari: orang (person), tempat (Place) dan kertas atau dokumen (paper). Termasuk dalam penelitian lapangan atau Field Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Metode observasi partisipan (participant observation), metode wawancara mendalam (in-depth interview), dokumentasi (documentation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu: data reduction (reduksi data), conclution drawing/verification (ferifikasi). Uji keabsahan data menggunakan: Kepercayaan (kredibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (depenability), kebergantungan (confirmabiliti). Teknik untuk menguji kredibilitas yang dipilih triangulasi sumber. Tahapan-tahapan penelitian: tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengaplikasikan Mind Map Silabus pada siswa dimulai dengan memasukkan Mind Map Silabus sebagai metode dalam proses belajar mengajar, menugaskan siswa membuat Mind Map Silabus dari rumah dan memasukkan dokumentasi di e-learning ketika pembelajaran daring, menugaskan siswa secara kelompok untuk mengerjakan tugas, merangkum materi, menggambar, kemudian menempelkan Mind Map Silabus pada dinding kelas; (2) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan daya ingat siswa menggunakan metode Mind Map Bab pada pembelajaran tematik dimulai dengan memeberikan pemahaman tentang Mind Mapping pada siswa kemudian membuat Mind Map Bab dengan menambahkan simbol-simbol unik yang dapat membantu menguatkan ingatan siswa. Siswa dapat membaca kembali Mind Map yang telah dibuatnya ketika sewaktu- waktu belajar; (3) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatan daya ingat siswa melalui implementasi metode Mind Map Paragraf dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan untuk membat Mind Map Paragraf, kemudian guru membacakan paragraf yang akan di rangkum kepada siswa, memberikan reward dan menempelkan hasil Mind Map Paragraf pada LKS siswa. Mind Map Paragraf yang sudah jadi kemudian di tempel pada buku LKS siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173164 EVI FUDZLIYATI
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:08
Last Modified: 20 Aug 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21165

Actions (login required)

View Item View Item