ANNIDA’ HAQUL ISLAM, 12204173183 (2021) PENGARUH KECERDASAN LOGICAL-MATHEMATICAL DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGH ORDER THINKING. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logical-Mathematical dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking” ini ditulis oleh Annida’ Haqul Islam, NIM. 12204173183, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logical-Mathematical, Berpikir Kritis, Kemampuan Matematis Siswa, Higher Order Thinking Skills. Kecerdasan logical-mathematical merupakan kemampuan dalam perhitungan secara matematis, berpikir logis, bernalar secara ilmiah, serta memiliki kepekaan dan ketajaman dalam pola abstrak dan hubungan-hubungan. Berpikir kritis melibatkan serangkaian proses berpikir (menghubungkan, menganalisis, mengevaluasi, menyimpulkan) berdasarkan informasi yang diamati dengan bekal skill, pengalaman, dan pengetahuan untuk memperoleh kebenaran dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan matematis merupakan kemampuan dan keterampilan dasar untuk menghadapi permasalahan matematis. Kecerdasan logical-mathematical diperlukan dalam menyelesaikan persoalan matematika. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa dalam memecahkan persoalan yang ada. Penelitian dimaksudkan untuk melihat apakah kemampuan matematis siswa akan semakin tinggi apabila kecerdasan logical-mathematical dan berpikir kritis siswa tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan logical-mathematical terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking. (2) Pengaruh berpikir kritis terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking. (3) Besar pengaruh kecerdasan logical-mathematical dan berpikir kritis terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan metode ekspost-facto. Populasi pada pelitian ini yaitu Kelas XI kejuruan MIPA MAN 3 Tulungagung (MIPA-1, MIPA-2, MIPA-3). Sampel yang dipilih yaitu Kelas XI MIPA-3 dengan jumlah siswa sebanyak 37. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian, diperoleh: (1) Kecerdasan logical-mathematical berpengaruh positif terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking. (2) Berpikir kritis berpengaruh positif terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking. (3) Terdapat pengaruh kecerdasan logical-mathematical dan berpikir kritis terhadap kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe high order thinking dengan pengaruh kecerdasan logical mathematical dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap kemampuan matematis siswa sebesar 74,6%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173183 ANNIDA’ HAQUL ISLAM |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 06:30 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21177 |
Actions (login required)
View Item |