PENGARUH PENERAPAN METODE MNEMONIK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PLANTAE PADA SISWA KELAS X MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR

SAKYANG MASKHUROH, 12208173025 (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE MNEMONIK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI PLANTAE PADA SISWA KELAS X MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Mnemonik Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Materi Plantae pada Siswa Kelas X Ma Maarif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Sakyang Maskhuroh, Jurusan Tadris Biologi, NIM 12208173025, dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Mnemonik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran daring yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Metode pembelajaran daring yang selama ini digunakan hanya memberi bahan ajar dan penugasan sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan metode pembalajaran mnemonik berbantuan mind mapping sebagai alternatif baru yang menyenangkan dalam proses pembelajaran biologi secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mnemonik berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar dan motivasi belajar materi Plantae pada siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA MA Ma’arif Udanawu Blitar. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T dan Uji Manova. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Ada pengaruh penerapan metode mnemonik berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,033 < 0,05. (2) Ada pengaruh penerapan metode mnemonik berbantuan mind mapping terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,017 < 0,05. (3) Ada pengaruh penerapan metode mnemonik berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikasi yang diuji pada prosedur Pillai’s Trace yang menunjukkan nilai di bawah 0,05 yaitu 0,015. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mnemonik berbantuan mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil dan motivasi belajar pada siswa kelas X MA Ma’arif Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173025 Sakyang Maskhuroh
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:49
Last Modified: 20 Aug 2021 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item