GANDRI TRI SUSANTI, 12205173309 (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MIN 1 TULUNGAGUNG KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (951kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning di MIN 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Gandri Tri Susanti, NIM. 12205173309, pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Pembentukan Karakter, Pembelajaran E-Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan karkater peserta didik semakin hari semakin merosot,sehingga hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkahlaku khususnya dalam pembelajaran jarak jauh. MIN 1 Tulungagung merupakan sekolah yang menarik dan unik dalam hal penanaman karakter siswa khusunya karkater religus dan tanggungjawab. Proses penanaman karakter menggunakan e-learning yang dapat membentuk siswa berjiwa karakter unggul. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir dalam pembentukan karakter pada siswa ? (2) Bagaimana faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran e-learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir ? (3) Bagaimana solusi faktor penghambat dalam pembentukan karkater siswa melalui pembelajaran e-learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir ?. Adapun yang menjadi tujuan umum penelitian yang dilakukan peneliti adalah mendeskripsikan strategi guru dalam pembentukan karkater siswa melalui pembelajaran e-learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung Kecamatan Kalidawir Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) metode guru dalam pembentukan karkater siswa melalui pembelajaran e-learning yaitu metode pembiasaan. (2) faktor penghambat pembentukan karkater siswa melalui pembelajaran e-learning yaitu kurangnya peran orang tua, lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya kemauan dan pembiasaan di rumah, keterbatasan alat komunikasi, gangguan sinya, (3) solusi faktor penghambat pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran e-learning yaitu guru dan orang tua melakukan pendampingan khusus, guru dan orang tua melakukan pengawasan kepada siswa, guru menerapkan peraturan-peraturan, satu anggota keluarga harus memiliki alat komunikasi berbasis android,MIN 1 Tulungagung memberikan bantuan subsidi kouta gratis kepada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173309 Gandri Tri Susanti |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 07:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21192 |
Actions (login required)
View Item |