PERAN GURU DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA KARANGSONO PADA MASA PANDEMI COVID 19

UMAIYAH, 12206173114 (2021) PERAN GURU DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA KARANGSONO PADA MASA PANDEMI COVID 19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Guru Dalam Mendampingi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Huda Papa Masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Umaiyah, NIM 12206173114, pembimbing Ibu Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata kunci: mendampingi belajar, masa pandemi covid-19 Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang peneliti lakukan di RA Miftahul Huda Karangsono pada masa pandemi covid-19 menunjukkan bahwa pada masa pandemi ini peran guru dalam mendampingi belajar anak dilalukan dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau biasa disebut dengan sistem pembelajaran Daring/ dalam jaringan. RA Miftahul Huda Karangsono memiliki guru yang berperan penting dalam menentukan proses pembelajaran, salah satu contohnya mereka adalah memiliki upaya – upaya dalam mendampingi anak meskipun dimasa pandemi. Guru membuat cara- cara agar tetap bisa mendampingi anak belajar meskipun dengan jarak – jauh. meskipun dalam proses pembelajarannya mengalami hambatan - hambatan seperti keterbatasan guru dalam mendampingi anak belajar, sehingga pembelajaran tidak bisa maksimal Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Upaya – Upaya Guru dalam Mendampingi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Huda Karangsono Pada Masa Pandemi Covid-19 ? 2) Apa Saja Hambatan -Hambatan Guru RA Miftahul Huda Karangsono Dalam Mendampingi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian yang peneliti peroleh dari penelitian ini diantaranya yaitu, upaya guru dalam mendampingi anak belajar dimasa pandemic Covid -19 dilakukan dengan mengguankan vidio pembelajaran, pesan suara, teks di Wharshat, Lembar Kerja Anak dan juga dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dari Rumah (RPPDR). Hambatan – Hambatan guru dalam mendmpingi anak belajar dimasa pandemi covid -19 ini adalah keterbatsan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, keterbatasan guru dalam mengetahui perkembangan anak serta guru dalam menyampaikan hasil belajar dengan melalui perantara orang tua. Untuk mengantisipasi kendala ini guru mengadakan guru kunjung / luring ke rumah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173114 UMAIYAH
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:40
Last Modified: 23 Aug 2021 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item