PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INDAH NUR RAMADINA, 12205173211 (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Indah Nur Ramadina, NIM 12205173211, Pembimbing Drs. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci : Metode Brainstorming, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, yang hasil belajar siswanya masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode Brainstorming dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam, sehingga semangat belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi gaya di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021? (2) Apakah ada pengaruh pada penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi gaya di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)0Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi gaya di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi gaya di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021,. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Quasi Eksperimen Design atau eksperimen semu, dengan desain two group Posttest-Only Group Desaign, dengan mengambil dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode Brainstorming, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru saat proses pembelajaran. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpukan data penelitian antara lain tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode brainstorming berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDI Miftahul Huda Plosokandang Keungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi ”gaya” diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansinya < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dibuktikan juga dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas, yaitu kelas eksperimen sebesar 81,41 dan kelas kontrol sebesar 71,22. Dan berdasarkan perhitungan Effect Size, penerapan metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung memiliki pengaruh sebesar 3,279. Mengacu pada tabel interpretasi Cohen’s , maka 3,279 termasuk dalam kategori tinggi. Dari data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan metode brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi ”gaya” di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173211 INDAH NUR RAMADINA
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:37
Last Modified: 03 Jan 2022 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21255

Actions (login required)

View Item View Item