KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTELEGENSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN BLITAR

NISWATUL FITRIA, 12205173197 (2021) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTELEGENSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Intelegensi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas V di MI Miftahul Huda Jatiari Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Niswatul Fitria NIM.12205173197, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M,Pd.I Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Intelegensi dan Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan saat pandemi Covid-19 yang dapat mempengaruhi fisik dan mental siswa dan menjadikan imunitas dalam tubuh siswa menurun, hal ini juga terjadi padakecerdasan emosional dan intelegensi siswa yang menurun karena dampak pembelajaran online, pada akhirnya kondisi ini mengakibatkan pemecahan masalah yang dimiliki siswa menurun. Berdasarkan masalah yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan eksperimen dengen menghubungkan antara kecerdasan emosional dan intelegensi terhadap pemecahan masalah dengan harapan dapat mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan intelegensi pada siswa khususnya kelas V MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Adakah korelasi kecerdasanemosionaldengan kemampuan pemecahan masalah siswa MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar? (2) Adakah korelasi kecerdasan intelegensi dengan kemampuan pemecahan masalah siswa MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar? (3) Adakah korelasi antara kecerdasan emosional dan intelegensi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Populasi penelitian ini seluruh siswa MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar dengan sampel kelas V. teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosionalberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pemecahan masalah di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 < 0,214 atau dapat melihat pada thitung< ttabel sebesar -1,276 < 2,056. (2) Kecerdasan intelegensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pemecahan masalah di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,05 < 0,417 atau dapat melihat pada thitung < ttabel sebesar 0,827 < 2,056. (3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan intelegensi secara simultan tidak berpengaruh terhadap pemecahan masalah di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan Blitar. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai Fhitung < Ftabel . taraf signifikansi yang dihasilkan sebesar 1,124 < 4,26.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173197 NISWATUL FITRIA
Date Deposited: 25 Aug 2021 02:52
Last Modified: 25 Aug 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item