PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL

SRI RAHAYU NENGTYAS, 12205173105 (2021) PENGARUH PEMBERIAN HADIAH (REWARD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Hadiah (Reward) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol” ini ditulis oleh Sri Rahayu Nengtyas, NIM 12205173105, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Saiful Bahri, M.Pd.I. Kata Kunci: Reward, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini dilatar belakangi oleh teori Syaiful Bahri Djamarah menjelaskan bahwa reward adalah suatu alat pendidikan dalam melakukan pembinaan karakter anak didik. Metode reward ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses pembelajaran. Dalam proses penerapan metode reward ini pendidik dapat mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (2) Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (3) Adakah pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design atau disebut juga eksperimen semu yang menguji variabel bebas dan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Kelas IV dan V dengan populasi sebanyak 70. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kelas eksperimen (V-A) sebanyak 14 dan kelas kontrol (V-B) sebanyak 16 . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol dibuktikan dengan Uji Independent Samples Test didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,005. (2) Ada pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol dibuktikan dengan Uji Independent Samples Test didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,005. (3) Ada pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol dibuktikan dengan Uji MANOVA didapat nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173105 SRI RAHAYU NENGTYAS
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:12
Last Modified: 26 Aug 2021 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21337

Actions (login required)

View Item View Item