PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 1 BLITAR

SISCA RENI PRATAMA, 12201173325 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MtsN 1 Blitar”, Ini ditulis oleh Sisca Reni Pratama, NIM 12201173325, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri Tulungagung, di bimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqih Seiring dengan kemajuan zaman, pendidikan juga membutuhkan modelmodel pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan untuk dapat memahami pembelajaran dengan cepat, tepat dan mudah. Sejumlah pendidikan sudah mampu memilih model yang tepat untuk mengajarkan materi – materi tertentu, namun terdapat beberapa pendidik yang kurang mampu mengaplikasikan secara maksimal. Untuk itu diperlukakn suatu metode yang dapat menimbulkan timbal balik antara pendidik dan siswa supaya mendapatkapatkan prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini melatar belakangi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MtsN 1 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model kontekstual dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dalam aspek kognitif di MtsN 1 Blitar ? (2) Adakah pengaruh model kontekstual dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dalam aspek afektif di MtsN 1 Blitar ? (3) Adakah pengaruh model kontekstual dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dalam aspek psikomotorik di MtsN 1 Blitar ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model kontekstual terhadap prestasi belajar dalam aspek kognitif mata pelajaran fiqih kelas VII di MtsN 1 Blitar (2) Untuk mengetahui pengaruh model kontekstual terhadap prestasi belajar dalam aspek afektif mata pelajaran fiqih kelas VII di MtsN 1 Blitar (3) Untuk mengetahui pengaruh model kontekstual terhadap prestasi belajar dalam aspek psikomotorik mata pelajaran fiqih kelas VII di MtsN 1 Blitar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MtsN 1 Blitar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas VII 1. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknis analisis data ada tiga yaitu yang pertama uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, yang kedua uji prasyarat data yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, yang ketiga yaitu uji hipotesis yang melalui uji regresi linier sederhana dengan menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS for windows versi 16.0 untuk menganalisis variabel prestasi belajar siswa dalam tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil dari uji t yang signifikan model kontekstual dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar kelas VII dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini berdasarkakan perhitungan uji regresi linier sederhana menggunakan uji t untuk prestasi belajar kognitif diperoleh nilai 0,002 < 0,05 , nilai afektif diperoleh 0,000 < 0,05 dan nilai psikomotorik diperoleh 0,003 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh model kontekstual terhadap prestasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173325 SISCA RENI PRATAMA
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:40
Last Modified: 25 Aug 2021 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item