SEKAR AYU NINGTIYAS, 12405173030 (2021) ANALISIS PENGELOLAAN USAHA PERCETAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus pada UMKM Sisi Kertas Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (391kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Pengelolaan Usaha Percetakan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus pada UMKM Sisi Kertas Tulungagung)” ini ditulis oleh Sekar Ayu Ningtiyas, NIM 12405173030, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permintaan produk tas kertas yang meningkat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dilihat dari jumlah data pemesanan yang banyak pada masa Covid-19. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut maka pengelolaan usaha yang dilakukan oleh Sisi Kertas Tulungagung yaitu menerapkan fungsi pengelolaan seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penerapan pengelolaan usaha yang tepat akan berdampak baik bagi Sisi Kertas Tulungagung sehingga dapat memuaskan konsumennya. Konsumen yang puas akan melakukan pemesanan ulang dan pemasaran akan terjadi secara alami ketika konsumen menjadi puas akan produk yang dihasilkan produsen. Fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana pengelolaan usaha pada UMKM Sisi Kertas Tulungagung untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam. 2) Apa saja kendala pada pengelolaan usaha percetakan pada UMKM Sisi Kertas dalam meningkatkan kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam. 3) Apa saja solusi dari kendala pada pengelolaan usaha percetakan pada UMKM Sisi Kertas dalam meningkatkan kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan usaha percetakan yang dilakukan oleh UMKM Sisi Kertas untuk meningkatkan kepuasan konsumen dalam perspektif ekonomi islam adalah dengan menerapkan fungsi-fungsi pengelolaan atau manajemen dalam islam dengan baik. Fungsi pengelolaan terdiri dari yaitu : pelaksanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Kendala pengelolaan usaha yang dihadapi oleh UMKM Sisi Kertas untuk meningkatkan kepuasan konsumen meliputi kendala internal yaitu kurangnya pegawai saat permintaan banyak dan keterlambatan persediaan bahan baku produk, dan kendala eksternal yaitu adanya konsumen yang belum jelas dengan detail pemesanan produk dan adanya competitor atau pesaing. Solusi untuk mengatasi kendala pada pengelolaan usaha percetakan yang dilakukan oleh UMKM Sisi Kertas untuk meningkatkan kepuasan konsumen meliputi solusi dari kendala internal yaitu menambah karyawan dengan sistem freelance, menambah supplyer lebih dari satu dan mengecek secara berkala persediaan bahan baku produk sementara solusi untuk kendala eksternal yaitu memberikan sesi konsultasi pemesanan kepada konsumen dan mengembangkan usaha dengan membuka galeri produk dan mengembangkan skill karyawannya. Kata Kunci : Pengelolaan Islam, Percetakan, Kepuasan Konsumen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405173030 Sekar Ayu Ningtiyas |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21389 |
Actions (login required)
View Item |