PENGARUH PEMBELAJARAN DARING, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IFA DATUL MUSTAFIDAH, 12505194006 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SE-KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ifa Datul Mustafidah dengan pembimbing Prof. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring yang belum optimal, sulitnya memahami pembelajaran secara daring, kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya pengawasan/bimbingan orang tua serta kondisi lingkungan yang kurang kondusif. Oleh sebab itu, perlu adanya kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran daring, perlu adanya dorongan baik dari diri sendiri atupun orang lain, serta keadaan lingkungan yang kondusif. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana Kondisi Pembelajaran Daring Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana Kondisi Motivasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana Kondisi Lingkungan Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (4) Bagaimana Kondisi Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (5) Adakah Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI SeKecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (6) Adakah Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (7) Adakah Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung?, (8) Adakah Pengaruh Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 1963 siswa. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik cluster sampling berjumlah 294 siswa. Perolehan data dengan cara menyebar kuesioner kepada responden dan data nilai rapot. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitiannya adalah (1) berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel pembelajaran daring di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dalam kategori baik yang di tunjukkan sebanyak 70 siswa dan presentase sebesar 53%, (2) Berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel motivasi belajar di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dalam kategori baik yang di tunjukkan sebanyak 44 siswa dan presentase sebesar 33.3%, (3) Berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel lingkungan belajar di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dalam kategori baik yang di tunjukkan sebanyak 43 siswa dan presentase sebesar 32.6%, (4) Berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel prestasi belajar di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dalam kategori baik yang di tunjukkan sebanyak 56 siswa dan presentase sebesar 42.4%, (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dibuktikan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yakni 3.818 > 1.960, (6) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dibuktikan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yakni 3.653 > 1.960, (7) Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dibuktikan dengan thitung lebih besar daripada ttabel yakni 2.241 > 1.960, (8) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran daring, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung dibuktikan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel yakni 20.643 > 2.60 dan tingkat signifikasi 0.000 < 0.05 Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa prestasi belajar akan meningkat apabila pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru diterima siswa dan mampu memberikan layanan pembelajaran yang menjangkau siswa dimanapun dan kapanpun serta didukung oleh motivasi intrinsik dan ekstrinsik maupun keadaan lingkungan sekitar siswa yang kondusif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505194006 IFA DATUL MUSTAFIDAH
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:48
Last Modified: 30 Aug 2021 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21519

Actions (login required)

View Item View Item