NIKMATUL FITRI, 12201173373 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM PANGGUL. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (766kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (687kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMP Islam Panggul-Trenggalek”. Skripsi ini ditulis oleh Nikmatul Fitri, NIM. 12201173373, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan PAI, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh bapak Prof. H. Iman Fu’adi, M. Ag. Kata Kunci : Strategi Guru, Membina Akhlakul Karimah Pembinaan akhlakul karimah tentang rendah hati, tolong menolong, dan kejujuran pada peserta didik. Hal tersebut mencerminkan bahwasannya proses pendidikan terjadi ketimpangan dimana dalam membina akhlakul karimah belum mendapatkan porsi yang memadai. Maka dari itu diperlukan strategi guru pendidikan agama islam membina akhlakul karimah siswa. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membina sikap tawadhu’ di SMP Islam Panggul Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membina sikap ta’awun di SMP Islam Panggul Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membina sikap amanah di SMP Islam Panggul Trenggalek? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,lokasi penelitiannya di SMP Islam Panggul Trenggalek, yang terletak di desa Kebonagung Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Sember data dalam peneliti ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kesiswaan, dan kepala sekolah. Teknik metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini mengungapkan bahwa: (1) strategi guru pendidikan agama islam dalam membina sikap tawadhu’ menggunakan strategi pendekatan ekspositori yaitu, dengan membiasakan salam senyum sapa, selain itu guru memberi contoh seperti bejabat tangan saat bertemu dengan bapak ibu guru atau staf SMP Islam panggul, siswa diminta untuk menghafal istighosah dan tahlil didepan guru. (2) strategi guru pendidikan agama islam dalam membina sikap ta’awun menggunakan strategi pendekatan ekspositori yaitu siswa diminta untuk menyisihkan uang saku mereka digunakan untuk membantu temannya yang lagi membutuhkan, mengadakan kegiatan hari besar juga dimanfaatkan untuk saling berbagi terhadap sesama dengan membawa nasi bungkus/takir setiap anak 2 bungkus kemudian yang satu dikumpulkan ke panitia dan setelah itu dibagikan kepada masyarakat. (3) strategi guru pendidikan agam islam dalam membina sikap amanah menggunakan strategi pendekatan ekspositori yaitu, untuk membina kejujuran anak dibuatkan kantin kejujuran kemudia uangnya dimasukkan ke kaleng, ataupun kembaliannya diambil dari kaleng tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Skripsi 12201173373 Nikmatul Fitri |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:12 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21668 |
Actions (login required)
View Item |