MUHAMMAD AZRUL HABIB, 12401173290 (2021) MANAJEMEN STRATEGI PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI BAITUL MAAL WA TAMWIL RIZWA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (167kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
Abstract
xii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategi Persaingan Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa” yang ditulis oleh Muhammad Azrul Habib, NIM. 12401173290, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya lembaga keuangan khususnya syariah yang muncul, menyebabkan terjadinya persaingan antar satu lembaga dengan lembaga yang lain. Dengan demikian persaingan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap lembaga bagaimana cara untuk memenangkan persaingan tersebut, untuk itu maka diperlukannya manajemen strategi persaingan guna untuk meningkatkan daya saing dari setiap lembaga. Manajemen strategi persaingan harus berjalan sesaui dengan tujuan dari lembaga untuk menarik nasabah maupun calon nasabah dengan bersaing menggunakan produk andalan atau menciptkan produk inovasi produk baru guna untuk dijadikan sebagai pembeda dari lembaga yang lain. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Manajemen Strategi persaingan apa yang diterapkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa ?, (2) Apa Faktor-fkator pendukung strtaegi persaingan yang diterapkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan data yang diambil adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan pelaku utama yaitu manajer dariBaitul Maal wa Tamwil Rizwa. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen strategi persaingan untuk meningkatakan daya saing dengan melakukan identifikasi pesaing yang ada disekitar mereka yaitu lembaga non-syariah dengan mengambil beberapa faktor kelemahan mereka untuk dijadikan faktor keunggulan dari Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa ini dan juga menentukan lalu melakukan strategi memipin pasar dengan menciptakan dan mengeluarkan produk baru dan menigkatkan kualitas produk yang sudah ada. Ada dua faktor Pendukung dari manajemen strategi persaingan di Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa yaitu : Faktor Internal dan External,diamana faktor internal yaitu dari lembaga tersebut yang ingin berkembang lebih dari para pesaingnya dan juga mengedukasi msyarakat bahwa Baitum Mall Wa Tamwil Rizwa adalah Product Solution dari lembaga nonsyariah dan untuk faktor Extenalnya adalah dari lembaga disekitar dan juga masyarakat. Kata Kunci: persaingan, manajemen, dan strategixiii
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12205173107 NURUL DWI FATMAWATI |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 02:13 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21694 |
Actions (login required)
View Item |