MANAJEMEN STRATEGI PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI BAITUL MAAL WA TAMWIL RIZWA

MUHAMMAD AZRUL HABIB, 12401173290 (2021) MANAJEMEN STRATEGI PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI BAITUL MAAL WA TAMWIL RIZWA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

xii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Strategi Persaingan Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa” yang ditulis oleh Muhammad Azrul Habib, NIM. 12401173290, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya lembaga keuangan khususnya syariah yang muncul, menyebabkan terjadinya persaingan antar satu lembaga dengan lembaga yang lain. Dengan demikian persaingan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap lembaga bagaimana cara untuk memenangkan persaingan tersebut, untuk itu maka diperlukannya manajemen strategi persaingan guna untuk meningkatkan daya saing dari setiap lembaga. Manajemen strategi persaingan harus berjalan sesaui dengan tujuan dari lembaga untuk menarik nasabah maupun calon nasabah dengan bersaing menggunakan produk andalan atau menciptkan produk inovasi produk baru guna untuk dijadikan sebagai pembeda dari lembaga yang lain. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Manajemen Strategi persaingan apa yang diterapkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa ?, (2) Apa Faktor-fkator pendukung strtaegi persaingan yang diterapkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan data yang diambil adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan pelaku utama yaitu manajer dariBaitul Maal wa Tamwil Rizwa. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen strategi persaingan untuk meningkatakan daya saing dengan melakukan identifikasi pesaing yang ada disekitar mereka yaitu lembaga non-syariah dengan mengambil beberapa faktor kelemahan mereka untuk dijadikan faktor keunggulan dari Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa ini dan juga menentukan lalu melakukan strategi memipin pasar dengan menciptakan dan mengeluarkan produk baru dan menigkatkan kualitas produk yang sudah ada. Ada dua faktor Pendukung dari manajemen strategi persaingan di Baitul Maal Wa Tamwil Rizwa yaitu : Faktor Internal dan External,diamana faktor internal yaitu dari lembaga tersebut yang ingin berkembang lebih dari para pesaingnya dan juga mengedukasi msyarakat bahwa Baitum Mall Wa Tamwil Rizwa adalah Product Solution dari lembaga nonsyariah dan untuk faktor Extenalnya adalah dari lembaga disekitar dan juga masyarakat. Kata Kunci: persaingan, manajemen, dan strategixiii

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12205173107 NURUL DWI FATMAWATI
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:13
Last Modified: 03 Sep 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21694

Actions (login required)

View Item View Item