Huda, Muhammad Nurul (2014) Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qur`an Hadist Pada Materi Surat at-Tin Siswa Kelas 3A MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
1 Cover.docx Download (769kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (85kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (75kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (25kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (25kB) |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik dan akhlakul karimah mustahil suatu bangsa akan maju. Peneliti memfokuskan pada hasil belajar Qur`an Hadist siswa kelas 3A dengan menggunakan metode drill. Penerapan metode drill sangatlah cocok guna mendukung daya ingat dan nalar siswa, karena sifat drill yang diulang-ulang membantu siswa untuk menghafal dan memahami materi ajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur`an Hadist materi Surat at-Tin kelas 3A MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist surat at-Tin kelas 3A dengan penerapan metode Drill di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penulisan skripsi ini adalah, Mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur`an Hadist materi Surat at-Tin kelas 3A di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung dan Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist materi surat At-Tin kelas 3A dengan penerapan metode Drill di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Peneliti menggunakan metode drill karena sesuai dengan pra-penelitian yang dilakukan peneliti metode ini tidak pernah diterapkan pada siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam mencari dan meneliti data yang diperoleh dilapangan. Penelitian Tindakan Kelas atau biasa dikenal dengan istilah PTK. PTK bukanlah sekedar mengajar seperti biasanya, tetapi harus mengandung satu pengertian, bahwa tindakan yang dilakukan didasarkan atas upaya meningkatkan hasil, yaitu lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi disebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Sedangkan tujuan dari Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Qur`an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Qur`an Hadist materi Surat At-Tin kelas 3A di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 pada bulan Januari 2014 sampai dengan Februari 2014. Temuan yang diperoleh peneliti saat melakukan penelitian Peneliti menemukan metode drill tidak pernah diterapkan pada siswa, siswa merasa bosan dengan metode yang sama seperti, membaca, menulis, didekte dan mengerjakan tugas. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa banyak siswa yang belum mampu membaca, melafalkan dan menulis arab dengan benar. Peneliti juga menemukan beberapa temuan setelah dilakukan tindakan dan penelitian. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah peneliti paparkan dalam skripsi ini, peneliti yakin banwa penelitian yang dilakukan berhasil. Temuan yang peneliti peroleh sesuai dengan jawaban untuk rumusan masalah penelitian adalah berikut. Diketahui bahwa penerapan metode drill pada materi al-Qur`an Hadist pokok bahasan surah at-Tin ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3A di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Dan hasil belajar Qur`an Hadist pada materi al-Qur`an Hadist pokok bahasan surah at-Tin mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode drill. Hal tersebut sesuai dengan hasil belajar dan data yang diperoleh peneliti pada siklus I dan siklus II. Rata-rata yang diperoleh siswa pada pre test adalah 55,96 naik menjadi 72,69 pada siklus I dan naik lagi menjadi 81,73 pada siklus II.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 08:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 11:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |