PENGARUH TAHFIDZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI PESANTREN KOTA BLITAR

TRI DWI JAYANTI, 12205173310 (2021) PENGARUH TAHFIDZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MI PESANTREN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tahfidz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Pesantren Kota Blitar” ini ditulis oleh Tri Dwi Jayanti, NIM. 12205173310, pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd Kata kunci: tahfidz, hasil belajar Latar belakang penelitian, kegiatan siswa tahfidz yang lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang tidak tahfidz. Sehingga peneliti berupaya untuk mengetahui hasil belajar siswa tahfidz apakah terdapat kendala dalam melakukan kegiatan belajar mengajarnya di sekolah sehingga hasil belajar siswa tahfidz buruk atau terpengaruh dengan adanya kegiatan tahfidz (menghafal Alquran). Rumusan masalah: Adakah pengaruh tahfidz yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Pesantren Kota Blitar? Metode penelitian, kuantitatif jenis korelasi. Sumber data yaitu siswa dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, dan angket. Analisis data dimulai dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi sederhan (uji t). Hasil penelitian menggunakan uji regresi sederhana (uji t) dengan nilai thitung sebesar 3,850 > ttabel 2,101 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Siswa Tahfidz (X) berpengaruh terhadap variable Hasil Belajar (Y). hal tersebut juga dibuktikan pada nilai signifikasi yaitu diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 ˂ 0,05. Karena hasil signifikasi tersebut ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Siswa Tahfidz (X) berpengaruh terhadap variable Hasil Belajar (Y) atau dengan kata lain Ha diterima. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh siswa tahfidz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA kelas V di MI Pesantren Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173310 Tri Dwi Jayanti
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:19
Last Modified: 01 Sep 2021 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item