TITIS FITRYA IRWA DANA, 12210173001 (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE BELANJA KATA PADA SISWA KELAS VIII SMP PON.PES. AL-HUDA GROGOL KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (431kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Belanja Kata pada Siswa Kelas VIII SMP Pon.Pes Al-Huda Grogol Kediri” ditulis oleh Titis Fitrya Irwa Dana, NIM. 12210173001, dengan bimbingan Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis puisi, dan metode belanja kata Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui metode belanja kata pada siswa kelas VIII SMP Pon.Pes. Al-Huda Grogol Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pon.Pes. Al-Huda Grogol Kediri yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain PTK hasil adaptasi model Hopkin dengan tahap perenanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, angket kinerja menulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kinerja menulis, catatan lapangan, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan dua validitas yaitu validitas hasil dan validitas katalik. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan hasil. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak pada aspek keaktifan siswa, perhatian atau konsentrasi siswa, dan antusiasme siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Kedua, peningkatan hasil keterampilan menulis puisi melalui metode belanja kata dapat dilihat dari karya siswa. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa sebesar 52,28. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 69,53. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 73,39.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173001 Titis Fitrya Irwa Dana |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 03:14 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21755 |
Actions (login required)
View Item |