KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI (GROUP INVESTIGATION) MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP AL-HIKMAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG TAHUN AJARAN 2007-2008

WAHYUNINGRUM, RATNA (2011) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI (GROUP INVESTIGATION) MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP AL-HIKMAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG TAHUN AJARAN 2007-2008. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (147kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (17kB)
[img] Text
Cover dll.doc

Download (1MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Keefektifan, Pembelajaran, Kooperatif GI (Group Investigation), Lingkaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dunia pendidikan sekolah khususnya tentang pembelajaran matematika. Gejala-gejala yang selama ini muncul mendorong kita melakukan evaluasi dalam pembelajaran metamatika hingga saat ini. Untuk memperbaiki gajala-gejala yang ada adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan pembalajaran kooperatif Group Investigation pada materi lingkaran yang dikhususkan pada bab garis singgung lingkaran. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) materi lingkaran di kelas VIII SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang tahun ajaran 2007-2008. (2). Bagaimana hasil pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) materi lingkaran kelas VIII di SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang tahun ajaran 2007-2008. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran baik proses pembelajaran dan hasil pencapaian siswa pada pembelajaran matematika materi lingkaran melalui pendekatan kooperatif GI (Group Investigation). Siswa di kelas VIII SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang tahun ajaran 2007/2008. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yan dilengkapi dengan data kuantitatif yang diambil dari hasil belajar siswa, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini ada dua siklus, tiap siklus ada enam tahap. Tahap pertama mengidentifikasikan topik dan mengatur murid dalam kelompok, tahap kedua merencanakan tugas yang akan dipalajari, tahap ketiga melaksanakan investigasi, tahap keempat menyiapkan laporan akhir, tahap kelima mempresentasikan laporan akhir, dan tahap keenam evaluasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Tes dimaksudkan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan dimaksud untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, sejarah sekolah, keadaan siswa, guru dan karyawan, sarana dan prasarana sekolah. Skripsi ini diharapkan bermanfaat bagi STAIN Tulungagung, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan penelitian lainnya khususnya yang berhubungan dengan mata pelajaran matematika. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pijakan untuk mengembangkan penelitian lainnya khususnya di bidang pendidikan. Bagi guru, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran, khususnya tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif metode GI untuk materi lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif GI (Group Investigation) dapat lebih memahamkan siswa terhadap materi garis singgung lingkaran, respon siswa terhadap pembelajaran konsep garis singgung lingkaran melalui pendekatan kooperatif GI (Group Investigation) sangat positif, siswa lebih memahami materi dengan cara belajar kelompok yang mata siswa mencari sendiri solusi-solusi dari setiap permasalahan-permasalahan yang telah diberikan oleh peneliti. Dengan cara seperti itu, siswa lebih semangat dalam belajar karena siswa belajar dengan temannya sendiri sehingga tidak ada rasa takut salah pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Sep 2015 04:23
Last Modified: 10 Sep 2015 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item