PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTSN 2 TRENGGALEK

AINURROHMAH IZZAH FAUZIAH, 12201173431 (2021) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTSN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (108kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Ainurrohmah Izzah Fauziah, NIM. 12201173431, dengan pembimbing Muhammad Mustofa Ludfi, S.Pd.,M.Pd.I. Kata kunci : Pengaruh, Minat Membaca, Hasil Belajar Akidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh intensitas kunjungan perpustakaan yang didominasi peserta didik yang rajin, dibandingkan peserta didik yang kurang rajin. Padahal sekolah telah mengupayakan sarana penunjang yang baik dalam kegiatan membaca, seperti perpustakaan yang dapat menunjang peningkatan minat membaca peserta didik di sekolah. Perpustakaan ini beroperasi sepanjang jam aktif sekolah, dan dipermudah dengan penggunaan media kartu dalam proses peminjaman agar lebih efektif. Namun upaya tersebut masih belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik. Kegiatan pembelajaran sebagian besar aktivitas adalah membaca. Dan minat membaca yang baik akan berpengaruh pada tujuan pembelajaran. Apalagi ditambah adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran siswa dilakukan secara online di rumah masing-masing. Guru tidak dapat berperan secara menyeluruh dalam memantau proses pembelajaran apalagi pada proses kegiatan membaca materi. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah minat membaca akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek ?. 2). Bagaimanakah hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek?. 3). Adakah pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengemukakan minat membaca akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. 2). Untuk mengemukakan hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. 3). Untuk mengemukakan pengaruh minat membaca terhadap minat dan hasil belajar aqidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian survey merupakan penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2 kemudian analisis statistik inferensial untuk menjawab rumusan masalah ke 3. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Minat membaca akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek berupa kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keinginan untuk selalu membaca dan tindak lanjut ( menindak lanjuti apa yang dibaca ) pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII C MTsN 2 Trenggalek berada dalam kategori cukup dengan persentase 34% dari pengalaman kebiasaan membaca peserta didik. 2). Hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek dilihat dari hasil rekapitulasi nilai raport semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII C MTsN 2 Trenggalek berada dalam kategori cukup dengan persentase 45%. 3). Terdapat pengaruh dari minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII C MTsN 2 Trenggalek . Karena hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (195.102 > 4,21) maka H0 ditolak. Dengan demikian, keputusan pengujian ini adalah menolak H0 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTsN 2 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 12201173431 AINURROHMAH IZZAH FAUZIAH
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:07
Last Modified: 28 Oct 2021 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item