STRATEGI PEMBERDAYAAN DINAS PERDAGANGAN TRENGGALEK TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK TEMPE DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA BENDOREJO KECAMATAN POGALAN TRENGGALEK

INTAN RIZKYA SAFITRI, 12402173459 (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN DINAS PERDAGANGAN TRENGGALEK TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK TEMPE DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA BENDOREJO KECAMATAN POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Skripsi dengan judul “Strategi Pemberdayaan Dinas Perdagangan Trenggalek Terhadap Pengembangan UMKM Keripik Tempe Dalam Meningkatkan Perekonomian di Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Intan Rizkya Safitri dengan NIM 12402173459, Pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini di latarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar usaha-usaha yang tengah berkembang saat ini, maka untuk semua perusahaan kecil maupun besar harus memiliki strategi pengembangan dalam menjalankan usahanya. Setiap perusahaan harus memiliki strategi pengembangan yang tepat serta efektif agar dapat mencapai tujuannya. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi pemberdayaan yang dilakukan Dinas Perdagangan Trenggalek dalam upaya mengembangkan UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bendorejo? 2)Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Dinas Perdagangan Trenggalek dalam upaya mengembangkan UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bendorejo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari informasi, situasi yang ada, lokasi serta berkas-bekas dokumentasi yang didapat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan pada UMKM Maju Lestari ini adalah dengan melakukan pelatihan usaha. Dengan adanya pemberdayaan sumber daya manusianya melalui kegiatan pelatihan. Mereka juga memberikan fasilitas bantuan permodalan kepada pelaku usaha dengan memberikan kredit. Dalam upaya pemasaran produk UMKM Maju Lestari mereka melakukan inovasi terhadap produknya. Hal ini mereka lakukan dengan harapan dapat memberikan suatu produk yang baru bagi setiap konsumennya. Dengan begitu produk-produk yang mereka ciptakan dapat terus berkembang, sehingga tetap dapat bersaing dengan produk yang lain. 2) Faktor pendukung dalam strategi pemberdayaan usaha yaitu: Antusiasme pelaku usaha binaan untuk mengikuti pelatihan, Agenda bazar tahunan, Keripik tempe menjadi icon, dan Mengurangi pengangguran. Faktor penghambat dalam strategi yaitu: Terbatasnya ketersediaan teknologi, Terbatasnya modal untuk mengembangkan, dan Adanya persaingan. Kata Kunci: Strategi, UMKM, Pengembangan, Pemberdayaan, Abstract: The thesis entitled "Strategy for Empowerment of the Trenggalek Trade Office towards the Development of Tempe Chips SMEs in Improving the Economy in Bendorejo Village, Pogalan District, Trenggalek" was written by Intan Rizkya Safitri with NIM 12402173459, Supervisor Siswahyudianto, M.M. This research is motivated by the increasingly fierce competition between businesses that are currently developing, so all small and large companies must have a development strategy in running their business. Every company must have the right and effective development strategy in order to achieve its goals. The focus of this research is 1) What is the empowerment strategy carried out by the Trenggalek Trade Office in an effort to develop MSMEs to improve the economy of the Bendorejo Village community? 2) What are the supporting factors and inhibiting factors faced by the Trenggalek Trade Office in an effort to develop MSMEs to improve the economy of the Bendorejo Village community? This study uses qualitative research with data sources obtained from information, existing situations, locations and documentation files obtained. The results of this study are as follows: 1) What is done by the Department of Trade at MSMEs Maju Lestari is to conduct business training. With the empowerment of human resources through training activities. They also provide capital assistance facilities to business actors by providing credit. In their efforts to market Maju Lestari MSME products, they innovate their products. They do this in the hope of providing a new product for every consumer. That way the products they create can continue to grow, so they can still compete with other products. 2) Supporting factors in the business empowerment strategy, namely: Enthusiasm of fostered business actors to participate in training, annual bazaar agenda, Tempe chips become an icon, and reduce unemployment. The inhibiting factors in the strategy are: Limited availability of technology, Limited capital to develop, and Competition. Keywords: Strategy, SMEs, Development, Empowerment

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SKRIPSI 12402173459 INTAN RIZKYA SAFITRI
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:27
Last Modified: 09 Sep 2021 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21931

Actions (login required)

View Item View Item