IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MEMAKSIMALKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DIKELOMPOK A TK ISLAM TERPADU ULUL ALBAB CANDIREJO NGANJUK

ANIK RAHMAWATI, 17206163036 (2020) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MEMAKSIMALKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DIKELOMPOK A TK ISLAM TERPADU ULUL ALBAB CANDIREJO NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Implementasi Metode Bercerita dalam Memaksimalkan Perkembangan Bahasa Anak dikelompok A TK Islam Terpadu Ulul Albab Candirejo Nganjuk” ini Ditulis Oleh Anik Rahmawati, NIM 17206163036, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci : metode bercerita, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, perkembangan bahasa menyimak dan berbicara. penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh metode bercerita yang digunakan atau diterapkan untuk mengembangakan aspek perkembangan anak. salah satu aspek yang harus dikembangakan secara optimal sesuai kebutuhan anak melului metode bercerita ini adalah perkembagan bahasa menyimak dan berbicara. Dalam pembelajaran kegiatan bercerita yang diterapkan perlu memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar pembelajaran berjalan maksimal sesuai yang diharapkan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran metode bercerita dalam memaksimalkan perkembangan bahasa anak di kelompok A TK Islam Terpadu Ulul Albab Candirejo Nganjuk ?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran petode bercerita dalam memaksimalkan perkembangan bahasa anak di Kelompok A TK IT Ulul Albab Candirejo Nganjuk ?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran metode bercerita dalam memaksimalkan perkembangan bahasa anak di Kelompok A TK Islam Terpadu Ulul Albab Candirejo Nganjuk ? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpualan data. Adapun teknik keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kegiatan bercerita : (a) Menyusun RPPH, (b) menyediakan media bercerita, buku cerita yang disediakan sekolah, (c) memilih materi cerita. (2) Pelaksanaan kegiatan bercerita: (a) kegiatan pendahulu, Pendidik mengkondisikan suasana kelas, Pendidik mengkondisikan anak-anak, Pembukaan pembelajaran kegiatan bercerita. (b) kegiatan inti, penyampaian cerita, , penggunaan media, (c) Kegiatan penutup, pendidik menyimpulkan kegiatan bercerita, memberi pesan-pesan, tanya jawab mengenai cerita, anak menceritakan kembali cerita secara sederhana, dan doa untuk pulang. (3) Evaluasi kegiatan bercerita : (a) evaluasi kegiatan bercerita dengan pendidik memberi pertanyaan sederhana kepada anak, (b) pendidik merekap nilai setelah kegiatan selesai dan memasukan nilai dalam lembar penilaian. (c) evaluasi perkembangan bahasa menyimak dan kemampuan berbicara anak, 4 anak mulai berkembang (MB), 12 anak berkembang sesaui harapan (BSH), 4 anak sudah berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163036 ANIK RAHMAWATI
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:47
Last Modified: 09 Sep 2021 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item