PUSPITA BAKTI NUSA, 12206173015 (2021) METODE GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK PERTIWI SUMBERGEDONG TRENGGALEK SELAMA PANDEMI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (389kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (368kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (151kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (231kB) |
Abstract
ABSTRAK Puspita Bakti Nusa. NIM. 12206173015. Metode Guru dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B di TK Pertiwi Sumbegedong Trenggalek Selama Pandemi. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Metode Guru, Kreativitas Anak Usia Dini Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan unsur-unsur yang telah ada, bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang melihat banyak kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah dengan melahirkan hal baru sehingga lebih efisien, dan produktif. Seseorang dapat saja melewatkan berbagai kesempatan yang bernilai disebabkan tidak tumbuhnya kreativitas. Faktanya di lapangan, kreativitas masih menjadi hal yang sangat sering diabaikan, utamanya kondisi ditengah pendemi COVID-19 seperti sekarang. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk tetap menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana metode tanya jawab dalam menumbuhkan kreativita anak usia dini kelompok B di TK Pertiwi Sumbergedong Trenggalek selama pandemi (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana metode demonstrasi dalam menumbuhkan kreativita anak usia dini kelompok B di TK Pertiwi Sumbergedong Trenggalek selama pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan Guru TK Pertiwi Sumbergedong Trenggalek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, implementasi metode tanya jawab di TK Pertiwi Sumbergedong Trenggalek ini dilaksanakan setiap hari secara rutin dengan tiga rentang pembagian waktu, pembelajaran secara online, tatap muka di sekolah dan kunjungan ke rumah peserta didik. Metode tanya jawab secara rutin ini berdampak positif pada penumbuhan kreativitas anak, anak menjadi terbiasa mengutarakan ide-ide kreatifnya bahkan sebelum guru bertanya pada mereka. Hambatan penggunaan metode tanya jawab ini berupa hambatan internal dan eksternal. Kedua, implementasi metode demonstrasi di TK Pertiwi Sumbergedong Trenggalek ini juga dilaksanakan setiap hari secara rutin dengan tiga rentang pembagian waktu, pembelajaran secara online, tatap muka di sekolah dan kunjungan ke rumah peserta didik, namun untuk metode demonstrasi dengan media komputer dilaksanakan setiap dua minggu sekali pada hari selasa. Metode demonstrasi berdampak positif pada penumbuhan kreativitas anak, justru lebih efektif dibandingkan dengan metode tanya jawab, apalagi dengan penggunaan media komputer. Anak jauh lebih tertarik dan menganggap pembelajaran jauh lebih menyenangkan. Hambatan penggunaan metode demonstrasi ini berupa hambatan internal dan eksternal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Skripsi 12206173015 Puspita Bakti Nusa |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:53 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22065 |
Actions (login required)
View Item |