NAFIDZATUL KHOIRUN NISA’, 12402173064 (2021) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM OLEH PEDAGANG DI PASAR RAKYAT PANJEREJO KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam oleh Pedagang di Pasar Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini di tulis oleh Nafidzatul Khoirun Nisa’ , NIM. 12402173064, Pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh para pedagang yang masih bersikap curang dalam melakukan kegiatan berdagang serta sikap para pedagang yang masih bersikap tidak menyenangkan dalam melayani pelanggan. Penelitian ini berfokus pada, (1) pengetahuan mengenai etika bisnis islam oleh pedagang pasar rakyat panjerejo (2) penerapan etika bisnis islam oleh pedagang pasar rakyat panjerejo (3) hambatan dan cara mengatasi yang dilakukan oleh pedagang pasar rakyat panjerejo. subjek dari penelitian ini adalah pelanggan yang berperan dalam hal menentukan apakah usaha yang dilakukan pedagang dapat berjalan dengan lancar atau tidak karena konsumen menjadi penentu apakah pedagang tersebut memiliki pelayanan serta barang yang dibutuhkan pelanggan atau tidak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang diproleh menggunakan data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi , dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan metode analaisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah para pedagang pasar rakyat panjerejo kurang memahami tentang etika bisnis islam secara teori, namun para pedagang sudah mulei merapkan etika bisnis islam sesuai dengan ajaran nabi Muhammad Saw. untuk berlaku shidiq ( jujur ), amanah (dapat dipercaya), fathananh (menyampaikan), dan tabligh ( cerdas ). Kata Kunci : etika bisnis, pedagang , dan pelayanan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402173064 Nafidzatul Khoirun Nisa’ |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 06:34 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22151 |
Actions (login required)
View Item |