PERSEPSI NASABAH TENTANG PEMBIAYAAN MURABBAHAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto)

KHOFIFAH NUR ROCHMAH, 12401173237 (2021) PERSEPSI NASABAH TENTANG PEMBIAYAAN MURABBAHAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Persepsi Nasabah tentang Pembiayaan Murabbahah dan Implikasinya terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto)” ini ditulis oleh Khofifah Nur Rochmah NIM 12401173380, Pembimbing: Dr. Zulfatun Ni’mah, SHI, M. Hum. Produk pembiayaan Murabbahah pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto bertujuan untuk memberikan pembiayaan jangka pendek kepada nasabah demi menumbuhkan minat beli dari masyarakat. Maka persepsi dan minat produk pembiayaan Murabbahah sangat penting diperhatikan demi kelestarian produk Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi nasabah tentang pembiayaan Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto. (2) Bagaimana minat beli nasabah terhadap pembiayaan Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto. (3) Bagaimana persepsi nasabah tentang produk Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto ditinjau dari teori Consumer Behavior (Perilaku Konsumen). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi nasabah tentang pembiayaan Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto. (2) Untuk mengetahui minat beli nasabah terhadap pembiayaan Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto. (3) Untuk mengetahui persepsi nasabah tentang produk Murabbahah pada BSI KCP Mojosari Mojokerto ditinjau dari teori Consumer Behavior (Perilaku Konsumen). Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Pengumpulan data melalui interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan verifikasi data. pengesahan keabsahan temuan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi nasabah tentang pembiayaan Murabbahah pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto adalah produk yang memiliki beberapa daya tarik, yaitu : tidak adanya biaya administrasi, sistem akad yang jelas dan rinci, menganut sistem syariah karena tidak memberlakukan bunga, dan bagi hasilnya menguntungkan. 2) Minat beli nasabah terhadap pembiayaan Murabbahah pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto cukup tinggi dikarenakan faktor internal berupa presepsi dan minat beli yang terbangun dalam benak nasabah dan faktor eksternal berupa pelayanan dan sistem pembiayaan Murabbahah di Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto. 3) Persepsi nasabah tentang pembiayaan Murabbahah pada Bank Syariah Indonesia Ex BRI Syariah KCP Mojosari Mojokerto sebagai produk yang memiliki banyak daya tarik berimplikasi pada munculnya minat beli nasabah terhadap produk pembiayaan Murabbahah sehingga mereka tanpa ragu-ragu memutuskan mengajukan permohonan pembiayaan Murabbahah. Kata kunci: Persepsi nasabah, daya tarik, minat beli, pembiayaan Murabbahah, teori Consumer Behavior

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173237 Khofifah Nur Rochmah
Date Deposited: 21 Sep 2021 07:02
Last Modified: 21 Sep 2021 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22358

Actions (login required)

View Item View Item