PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TAHUN AJARAN 2020-2021

RINDA ANUGRAWATI, 12205173298 (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TAHUN AJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Rinda Anugrawati, NIM. 12205173298, pembimbing Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci:Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperimen, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih, hal ini disebabkan minimnya inovasi metode pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat merubah hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik serta membuat peserta didik ikut mengalami sendiri proses pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran fiqih umumnya pendidik menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen, namun masih ditemukan guru yang menggunakan metode konvensional atau ceramah dalam mengajarkan fiqih. Maka dari itu, penulis akan melakukan penelitian untuk membuktikan pengaruh positif metode demonstrasi dan eksperimen terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh. Rumusan Masalah:(1) Adakah pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperimen pada Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021? Tujuan Penelitian: (1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperimen pada Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas V-A dan V-B di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas V-A dan V-B di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai profil MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, sarana dan prasarana, dan data peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)hasil uji Independent t-test di atas maka diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0.000 < 0,005 jadi Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173298 Rinda Anugrawati
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:03
Last Modified: 22 Sep 2021 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22365

Actions (login required)

View Item View Item