IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020-2021

NISA FARIKHANI, 12210173008 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII MTSN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Program Literasi Sekolah pada Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2020- 2021” ini ditulis oleh Nisa Farikhani, NIM. 12210173008, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: program literasi, keterampilan menulis Program literasi sekolah merupakan upaya pemerintah untuk menjadikan warga sekolah gemar dan cinta literasi khususnya pada kegiatan membaca dan menulis. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca dan menulis yang rendah. Adanya program ini bertujuan agar permasalahan terkait literasi dapat teratasi. Terkait dengan hal ini, peneliti ingin mengetahui pelaksanaan program literasi sekolah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat program literasi sekolah, serta mengetahui karya tulis yang dihasilkan dengan adanya program literasi sekolah di MTsN 1 Kota Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi program literasi sekolah di MTsN 1 Kota Blitar; (2) mendeskripsikan faktor pendukung program literasi sekolah di MTsN 1 Kota Blitar; (3) mendeskripsikan faktor penghambat program literasi sekolah di MTsN 1 Kota Blitar; (4) mendeskripsikan hasil karya tulis yang dihasilkan pada program literasi sekolah di MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan, serta bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi program literasi sekolah terdapat lima kegiatan, yaitu membaca Al-Qur’an 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran, nulis bareng, lomba literasi, pemanfaatan perpustakaan, dan program literasi yang terintegrasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Faktor pendukung pada program literasi sekolah ialah kegigihan kepala madrasah, guru, dana program literasi, dukungan perpustakaan, serta sarana dan prasaran yang memadai. Selain faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat program literasi sekolah, di antaranya belum terbiasanya warga sekolah terhadap program literasi yang baru, dana untuk menerbitkan buku menggunakan uang pribadi terlebih dahulu, serta belum konsistennya guru dan siswa dalam kegiatan membaca dan menulis yang disebabkan oleh banyaknya tugas sekolah. Adapun hasil karya tulis yang dihasilkan ada dua jenis yakni, fiksi dan nonfiksi. Jenis fiksi berupa antologi puisi, cerpen, novel, dan pentigraf. Adapun jenis nonfiksi berupa antologi teks laporan percobaan, teks pidato, serta resep masakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173008 NISA FARIKHANI
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:56
Last Modified: 01 Nov 2021 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22433

Actions (login required)

View Item View Item