MOHAMMAD RIFANTO AFANDI, 12201173132 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( Student Teams Achievement Division) TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Rifanto Afandi, NIM. 12201173132, pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah. S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe stad, sikap disiplin, sikap tanggung jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman, pergaulan bebas mengakibatkan menurunnya sikap siswa, sehingga siswa melakukan sikap yang tidak baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. peneliti ber eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan tipe stad untuk dapat melatih siswa agar mampu bersikap yang baik, bersikap disiplin dan tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe STAD terhadap sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di mtsn 7 tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung (1)Untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung (3) Untuk mengetahui signifikansi bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis Eksperimen. Pengumpulan data menggunakan Angket, observasi, dan dokumentasi. Angket sebagai pengumpulan data utama, serta digunakan untuk memperoleh data tentang sikap disiplin dan tanggung jawab siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana, dan kegiatan-kegiatan siswa yang menjadi obyek penelitian. Validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrumen penelitian sebelum angket disebarkan ke responden. Untuk mengolah data dan menjawab dari tiap-tiap hipotesis menggunakan uji t dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap sikap disiplin yang di tunjukan dengan nilai Sig sebesar 0,039 lebih kecil dari probabilitas 0.05, dengan nilai R Square sebesar 0,065. Dengan demikian hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis kerja diterima. Dengan prosentase pengaruh sebesar 6,5%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap sikap tanggung jawab ditunjukan dengan nilai Sig sebesar 0,012 lebih kecil dari probabilitas 0.05, dengan nilai R Square sebesar 0,097. Dengan demikian hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis kerja diterima. Dengan prosentase pengaruh sebesar 9,7%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab. Hasil penghitungan, menunjukkan nilai Sig sebesar 0,032 lebih kecil dari probabilitas 0.05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis kerja diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohammad Rifanto Afandi |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22551 |
Actions (login required)
View Item |