Mujib, Fathul (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.rtf Download (112kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (458kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (345kB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.rtf Download (65kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung kurang aktif dalam pembelajaran, siswa cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga siswa menjadi jenuh, siswa terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, pembelajaran didominasi oleh guru.Sehingga Hasil i belajar siswa kurang memuaskan.Oleh karena itu, pada penelitian tindakan kelas ini mencoba untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)dalam pelajaran IPS. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat melatih siswa untuk dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain untuk aktif pada siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)pada mata pelajaran IPS materi “Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat” siswa kelas IV MI Roudlotu Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? 2. Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi “Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat” siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) Tahun Ajaran 2013/2014? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu 1. Mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS pada materi “Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat” siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2. Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada materi “Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat” siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk dapat belajar dan memahami tugas berat guru sekaligus mengetahui lebih jauh permasalahan pembelajaran di madrasah sehingga dapat memepersiapakan diri menjadi guru professional. Bagi MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan kegiatan pembelajaran di madrasah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPS, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata siswa 50,52 dengan prosentase ketuntasan 30,00 %, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 65,66 dengan prosentase ketuntasan 56,66% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,66 dengan prosentase ketuntasan 82,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 01:13 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 01:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/226 |
Actions (login required)
View Item |