IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 11 BLITAR

YENI NURUL LAYLIAH, 12205173227 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (661kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping unuk Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Yeni Nurul Layliah, NIM 12205173227, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang di bombing oleh Bapak H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Implementasi Mind Mapping, kreativitas belajar Mind mapping adalah salah satu model pembelajaran yang berfokus pada mencatat yang membantu kita untuk mengingat materi serta dapat meningkatkan kreativitas belajar serta pemahaman terhadap materi. Mind mapping ini dikembangkan oleh Tony Buzan. Dengan adanya model ini peserta didik menjadi lebih aktif, meningkatnya kreativitas dan dapat menerima pelajaran dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui implementasi model pembelajaran mind mapping untuk menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MIN 11 Blitar khusus nya peserta didik di kelas IV MIN 11 Blitar . Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru dan peserta didik kelas IV . Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran tematik di kelas IV MIN 11 Blitar telah diwujudkan melalui 3 jenis, yaitu mind mapping silabus, mind mapping bab dan mind mapping paragraph. Di mind mapping silabus ini anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan berdiskusi dengan masing-masing kelompoknya. Di mind mapping ini anak-anak sangat berantusias karena anak-anak bisa mencurahkan rasa kreativitasnya di sini, mereka dengan senang hati berkreasi sesuka mereka yang mengakibatkan menjadi lebih mudah dalam memahami materi. Yang kedua mind mapping bab, di model jenis ini anak-anak tidak terlalu suka karena di sini anak-anak dituntut untuk lebih bisa mengembangkan 1 bahasan pokok ke dalam ringkasan yang agak sedikit panjang. Pada dasarnya di usia sekolah dasar, pola pikir anak tidak bisa diprediksi karena masing-masing anak berbeda Oleh karena itu di mind mapping jenis ini anak-anak agak cenderung tidak mengembangkan kreativitasnya dalam proses mencatat. Yang terakhir mind mapping paragraph, di jenis ini anak-anak lebih meyukai, karena disini anak-anak hanya dituntut untuk menulisan kan inti dari 1 bahsan pokok. Di jenis ini mereka lebih berantusias dalam mencurahkan kreativitasnya dengan membuat catatan dengan banyak digambari symbol-simbol, ditambah lagi dengan tulisan yang berwarna warni warnanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: YENI 12205173227 NURUL
Date Deposited: 05 Oct 2021 00:46
Last Modified: 05 Oct 2021 00:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item View Item