ANA FITRIA, 12401173193 (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA PADA PRODUK PEMBIAYAAN (Studi Kasus Pada BMT Nusantara Umat Mandiri Kalidawir dan BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum Rejotangan). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (883kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Abstrak: Skripsi dengan judul "Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota pada Produk Pembiayaan (Studi Kasus pada BMT NUsantara Umat Mandiri Kalidawir dan BMT Rizwa Manba'ul 'Ulum Rejotangan)" ini ditulis oleh Ana Fitria, NIM 12401173193. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Istitut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Refki Rusyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik yang diberikan masing masing Baitul Maal Wat Tamwil, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota. Pada BMT NUsantara Umat Mandiri yang mana diprakasai oleh ormas NU, dimana pada tahun 2014 pernah terjadi kasus lembaga keungan berlabel syariah yang memiliki kantor cabang di Kalidawir melakukan penipuan, dengan adanya lembaga NU yang menaungi BMT lebih memberikan kepercayaan kepada anggota dan membawa citra yang baik sebagai badan usaha bentukan ormas NU, dibuktikan dengan jumlah anggota pembiayaan yang semakin meningkat setiap tahunya. Pada BMT Rizwa Manba’ul ‘Ulum berada dibawah naungan yayasan Al-Huda Manba’ul ‘Ulum, dengan memanfaatkan SDM dari yayasan diharap dapat menarikminat masyarakat, tetapi jumlah anggota pembiayaan masih mengalami fluktuasi. Sehingga dengan jumlah anggota pembiayaan dari kedua BMT tersebut peneliti ingin mengetahui strategi pemasaran yang dapat lebih menarik minat anggota untuk tetap loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pemasaran yang diterapkan BMT dalam mengingkatkan loyalitas anggota pembiayaan (2) indikator loyalitas anggota di setiap BMT (3) kendala yang dihadapi dalam melakukan strategi pemasaran dalam mengingkatkan loyalitas anggota pembiayaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif yang menggunakan data primer dari hasil wawancara dengan pengurus dan anggota pembiayaan dan data sekunder dari dokumentasi serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan BMT NUsantara Umat Mandiri berupa pemberian hadiah, pemasaran door to door, menghubungi anggota secara berkala. Indikator loyalitas dilihat dari keaktifan anggota dan pemanfaatan produk yang ada.Kendala yang diharapi yaitu pelaksanaandoor to door ke anggota pembiayaan terkadang tidak bertemu, terdapat anggota yang merampel pembayaran simpanan wajib, masa pandemi pemasaran door to door terhambat.Sedangkan untuk strategi pemasaran yang digunakan BMT Rizwa Manba'ul 'Ulum yaitu memberikan pelayanan prima, melakukan inovasi produk, membuat event, melakukan promosi.Indikator loyalitas dilihat dari lama menjadi anggota, keaktifan anggota, serta pemanfaatan produk secara berulang. Kendala yang dihadapi BMT Rizwa Manba'ul 'Ulum yaitu pada masa pandemi kegiatan pemasaran secara langsung terbatas, selain itu pada masa pandemi banyak anggota simpanan yang menarik simpananya sedangkan anggota pembiayaan mengalami penurunan karena dalam penyaluran pembiayaan harus benar-benar selektif. Kata Kunci: Strategi pemasaran, Loyalitas, Anggota Pembiayaan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | FITRIA ANA |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 02:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22634 |
Actions (login required)
View Item |