MOHAMMAD ASFIYAUL MUSBIKHIN, 12205173277 (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN ALAT PERAGA EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (537kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Menerapkan Alat Peraga Edukatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Asfiyaul Musbikhin, NIM. 12205173277, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kreativitas Guru, Alat Peraga Edukatif, Hasil belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seorang guru yang kreatif memiliki banyak inovasi-inovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas, seperti penggunaan alat peraga edukatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan salah satu caranya dengan menerapkan alat peraga edukatif dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan alat peraga edukatif dalam proses pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. MIN 4 Tulungagung berupaya untuk selalu mewujudkan prestasi yang unggul baik prestasi akademik maupun non akademik. Berbagai cara dilakukan oleh guru-guru di MIN 4 Tulungagung untuk mencapainya. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan materi ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan materi ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? (2) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? (3) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di MIN 4 Tulungagung. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan materi ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung adalah guru sebelum mengajar mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan baik, membuat alat peraga edukatif pada materi yang memerlukan alat peraga edukatif, dan dalam pembuatan alat peraga edukatif guru memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar. (2) Kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang sesuai dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung adalah guru mendesain ruang kelas menjadi menarik agar dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, alat peraga edukatif dapat diterapkan di semua tingkatan kelas, dan guru menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi pada proses pembelajaran menggunakan alat peraga edukatif. (3) Kreativitas guru dalam menerapkan alat peraga edukatif yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di MIN 4 Tulungagung adalah guru ketika mengajar dengan menggunakan alat peraga edukatif dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa senang mengikuti proses pembelajaran, dengan penggunaan alat peraga edukatif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173277 mohammad asfiyaul musbikhin |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 07:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22742 |
Actions (login required)
View Item |