STRATEGI BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA BERDASARKAN EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Sumber Ubalan Kabupaten Kediri)

DINAZAT GITA ALFINA, 12402173257 (2021) STRATEGI BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA BERDASARKAN EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Sumber Ubalan Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (993kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Objek Wisata Berdasarkan Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Sumber Ubalan Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Dinazat Gita Alfina, NIM. 12402173257, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr.Sutopo, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masalah semakin menjamurnya objek wisata yang berkembang saat ini mempengaruhi jumlah pengunjung objek wisata, sehingga pengelola harus melakukan perencanaan dan perbaikan melalui strategi promosi yang digunakan dan pembangunan pariwisata yang dilakukan. Berdasarkan permasalahan yang ditemui di objek wisata Sumber Ubalan serta didukung adanya teori-teori dan penelitian terdahulu peneliti ingin meneliti tentang bagaimana strategi bauran promosi dalam pembangunan pariwisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan bagaimana strategi bauran promosi dalam pengembangan pariwisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung dalam perspektif Islam. Tujuan dalam penelitian dengan objek wisata Sumber Ubalan adalah (1). Untuk mendeskripsikan strategi bauran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata Sumber Ubalan Kabupaten Kediri. (2). Untuk mendeskripsikan strategi bauran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata Sumber Ubalan Kabupaten Kediri berdasarkan ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan beberapa kriteria seperti ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi bauran promosi dalam pengembangan objek wisata Sumber Ubalan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan pengelola wisata melalui alat bauran promosi seperti periklanan dan publisitas, promosi penjualan, penjualan personal, promosi mulut ke mulut, dan pemasaran langsung. Dan promosi dari mulut ke mulut merupakan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Dalam melakukan kegiatan promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri telah melakukan promosi yang sesuai etika dan adab berbisnis dalam Islam. Adapun etika dan adab dalam berbisnis adalah jujur dalam berpromosi, tidak memberikan iklan palsu, tidak melebih-lebihkan dalam melakukan promosi dan dapat dipercaya. Kata kunci : Strategi Promosi, Pariwisata, Ekonomi Syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173257 DINAZAT GITA ALFINA
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:51
Last Modified: 13 Oct 2021 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22767

Actions (login required)

View Item View Item