PROFIL KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS XII IPA DI MAN 2 NGANJUK

AFAN FAJRIN, 12204173121 (2021) PROFIL KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS XII IPA DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Profil Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Ditinjau Dari Kemampuan Visual-Spasial Siswa di MAN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Afan Fajrin, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Tadris Matematika , NIM 12204173121, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Menyelesaikan Masalah, Geometri Ruang, Visual-Spasial. Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika, khususnya geometri ruang. Sering kali pada kegiatan pembelajaran, kurangnya pemberian stimulus tentang kemampuan visual-spasial untuk sebagai dasar siswa dalam menyelesaikan malasah matematika. Sehingga siswa sulit untuk memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah matematika khususnya geometri ruang. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial tinggi siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial sedang siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial rendah siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial tinggi, sedang, dan rendah siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas XII dengan 3 tingkatan kemampuan visual-spasial siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing masing tingkatan 2 siswa untuk menyelesaikan masalah geometri ruang sesuai dengan fase dan indikator menyelesaikan masalah menurut Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi 2) tes 3) wawawancara 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Siswa dengan kemampuan visual-spasial tinggi mampu menyelesaikan masalah sesuai fase dan indikator (2) Siswa dengan kemampuan visual-spasial sedang hanya mampu menyelesaikan masalah pada fase planning dan monitoring. (3) Siswa dengan kemampuan visual-spasial rendah hanya mampu menyelesaikan masalah pada fase planning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173121 AFAN FAJRIN
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:31
Last Modified: 18 Oct 2021 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item