AFAN FAJRIN, 12204173121 (2021) PROFIL KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI RUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS XII IPA DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (814kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Profil Kemampuan Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang Ditinjau Dari Kemampuan Visual-Spasial Siswa di MAN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Afan Fajrin, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Tadris Matematika , NIM 12204173121, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Menyelesaikan Masalah, Geometri Ruang, Visual-Spasial. Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika, khususnya geometri ruang. Sering kali pada kegiatan pembelajaran, kurangnya pemberian stimulus tentang kemampuan visual-spasial untuk sebagai dasar siswa dalam menyelesaikan malasah matematika. Sehingga siswa sulit untuk memahami masalah, membuat perencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah matematika khususnya geometri ruang. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial tinggi siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial sedang siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial rendah siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk, adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan siswa menyelesaikan masalah geometri ruang yang berkemampuan visual-spasial tinggi, sedang, dan rendah siswa kelas XII IPA di MAN 2 Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas XII dengan 3 tingkatan kemampuan visual-spasial siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah dengan masing masing tingkatan 2 siswa untuk menyelesaikan masalah geometri ruang sesuai dengan fase dan indikator menyelesaikan masalah menurut Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi 2) tes 3) wawawancara 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Siswa dengan kemampuan visual-spasial tinggi mampu menyelesaikan masalah sesuai fase dan indikator (2) Siswa dengan kemampuan visual-spasial sedang hanya mampu menyelesaikan masalah pada fase planning dan monitoring. (3) Siswa dengan kemampuan visual-spasial rendah hanya mampu menyelesaikan masalah pada fase planning.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Matematika > Ruang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173121 AFAN FAJRIN |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:31 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22820 |
Actions (login required)
View Item |