PENGARUH MEDIA CETAK DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL

ALDI SURYA KHANAFI, 17201153309 (2020) PENGARUH MEDIA CETAK DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi penelitian kuantitatif dengan Judul “Pengaruh Media Cetak dan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol” yang ditulis oleh Aldi Surya Khanafi, NIM. 17201153309 Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. NIM. 17201153309, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd, NIP. 19720417200614 1 002 Kata Kunci: Media Cetak, Media Audio Visual, Minat Belajar. Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Cetak dan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol”. Meningkatkan mutu pendidikan adalah suatu misi seorang pendidik untuk memaksimalkan pendidikan dan yang dididik maka seorang pendidik mengelola pendidikanya maupun pembelajaranya dengan baik baik dari segi segi metode pembelajaranya maupun pendekatan dan teknik mengajar. Di era modern dengan berkembangnya arus teknologi dan komunikasi, perlu dilakukan inovasi pendidikan agar teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik, pemanfaatan dalam proses mencetak sumber daya manusia. Penggunaan media pembelajaran yang relevan, memungkinkan siswa dapat berfikir lebih luas disini berarti mengurangi misunderstanding antara siswa dan pendidik. Ada beberapa faktor yang menghambat proses komunikasi Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah: 1) Adakah pengaruh media cetak terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? 2) Adakah pengaruh media audio visual terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? 3) Adakah pengaruh media cetak dan media audio visual terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) untuk menjelaskan apakah ada pengaruh media cetak terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? 2) untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? 3) Untuk menjelaskan apakah ada pengaruh media cetak dan media audio visual terhadap minat belajar mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol ? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan responden sebanyak 79 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dengan diberikan kepada 79 santri. Penyebaran data pada pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik random sampling. Semua data dianalisis dengan menggunakan dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan IBM SPSS (Statistical Product and service Solution) 20.0 for Windows untuk mengetahui hipotesis yang telah diajukan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis bahwa thitung X1 (media cetak) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 6.410 > t tabel 1.665 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien media cetak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat belajar PAI. 2) Berdasarkan hasil analisis bahwa thitung X2 (media audio-visual) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 7.870 > t tabel 1.665 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka keputusannya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien media audio-visual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat belajar PAI3) Berdasarkan hasil analisis pada tabel 4.24 diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 16.399 > 3,12, serta nilai sig < 0,05 yakni 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh media cetak dan media audiovisual secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap minat belajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Pengaruh Media cetak dan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa SMPN 1 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153309 ALDI SURYA KHANAFI
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:00
Last Modified: 19 Oct 2021 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item