PENGARUH KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG

SEYLIANA RATNASARI, 17306163033 (2021) PENGARUH KONSELING CLIENT CENTERED TERHADAP EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)

Abstract

Seyliana Ratnasari, NIM 17306163033, Pengaruh Konseling Client Centered Terhadap Efikasi Diri Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Zun Azizul Hakim, M. Psi.Kata Kunci: Konseling Client Centered, Efikasi Diri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh konseling client centered terhadap efikasi diri pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 324 siswa yang sedang aktif dalam kegiatan belajar pada semester genap tahun 2020 2021. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa, 19 siswa laki-laki, dan 21 siswa perempuan. Efikasi diri pada siswa diukur dengan menggunakan kuesioner efikasi diri. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa dengan tingkat efikasi diri rendah, kemudian dibagi menjadi 5 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 5 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis gain score menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai mean gain score kelompok eksperimen adalah sebesar 25,60, sedangkan pada kelompok kontrol nilai mean gain score adalah sebesar 5,80, yang menunjukkan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol setelah mendapatkan perlakuan. Kemudian untuk nilai sig. (2-tailed) dari uji independent sample test gain yaitu 0,000, sedangkan perolehan nilai t-hitung sebesar 12,050 dari df 8 diketahui nilai t-tabel = 2,300 yang menunjukkan terjadinya peningkatan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Kesimpulan berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan efikasi diri. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan konseling kelompok client centered dapat membantu meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngantru Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: mahasiswa 17306163033 seyliana ratnasari
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:35
Last Modified: 27 Oct 2021 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22943

Actions (login required)

View Item View Item