PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di Kelas III MI Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

DHEA SARI ROHADATUL AISY, 12205173086 (2021) PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK (Studi Kasus di Kelas III MI Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (452kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

ABSTRAK Mata Pada Daring Pembelajaran Proses” فjudul فdengan فSkripsi Pelajaran Tematik Di Kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan ف,12205173086فNIMف,AisyفRohadatulفSariفDheaفolehفditulisفiniف“Tulungagung Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret tahun 2020 di Indonesia. Hal ini berimbas pada bidang pendidikan, semua guru dan peserta didik tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka tak terkecuali pada mata pelajaran tematik. Agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini pemerintah menganjurkan untuk menerapkan pembelajaran secara daring. Daring merupakan pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh jasa elektronis seperti telepon, audio dan komputer. Pembelajaran daring ini dapat dilakukan pada semua mata pelajaran, karena guru dapat memberikan materi atau tugas kepada peserta didik melalui aplikasi yang tersedia dalam pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis perencanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik siswa kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. 2) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik siswa kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. 3) Menganalisis evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik siswa kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo. 4) Menganalisis hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik siswa kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Dan menggunakan jenis penelitian studi kasus yaitu menguraikan individu, suatu kelompok atau suatu organanisasi secara komprehensif. Sumber data yang digunakan adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas III dan siswa kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung terdapat tiga tahap yaitu tahap pertama perencanaan pembelajaran dengan mempersiapkan RPP, bahan ajar dari buku pegangan guru dan siswa dan media pembelajaran pendukung yang didapat dari Youtube. Kemudian tahap dua, yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran merupakan kegiatan inti dalam pembelajaran daring dalam pelaksanaan pembelajaran individu, siswa belajar dan mengerjakan tugas dengan sendiri. Tahap tiga, yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pada tahap evaluasi guru masih mengutamakan penilaian hasil pengetahuan siswa melalui mengerjakan soal di buku siswa sebagai tugas. Proses pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas III MI Miftahul Huda Banjarejo sudah cukup berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran walaupun pada pembelajaran masih terdapat hambatan baik dari guru maupun siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173086 DHEA SARI ROHADATUL AISY
Date Deposited: 29 Oct 2021 00:57
Last Modified: 29 Oct 2021 00:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22974

Actions (login required)

View Item View Item