PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs HASAN MUCHYI KEDIRI

NIEKY FRANTIKA ARIANTO, 12211173021 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs HASAN MUCHYI KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (675kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK Nieky Frantika Arianto, NIM. 12211173021, “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang MTs Hasan Muchyi” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : M. Luqman Hakim Abbas, M.Pd. Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan model pembelajaran konvensional yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Sehingga hanya siswa yang memiliki kemampuan tinggi yang mampu merespon dan siswa yang berkemampuan rendah hanya bersikap pasif. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dengan materi yang sampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. (2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar siswa pada materi materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment design yaitu nonequvalent control group design. Dengan populasi kelas VIII MTs Hasan Muchyi dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A dan VIII GH. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII GH sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 2.093 < �ℎ����� = 23.311 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 2.093 < �ℎ����� = 22.692 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII diMTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 32.670 < �ℎ����� = 61,061 dengan dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: S1 12211173021 NIEKY FRANTIKA ARIANTO
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:37
Last Modified: 24 Nov 2021 05:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item