NIEKY FRANTIKA ARIANTO, 12211173021 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTs HASAN MUCHYI KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (675kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (474kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (708kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (364kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
Abstract
ABSTRAK Nieky Frantika Arianto, NIM. 12211173021, “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang MTs Hasan Muchyi” Skripsi, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : M. Luqman Hakim Abbas, M.Pd. Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan model pembelajaran konvensional yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Sehingga hanya siswa yang memiliki kemampuan tinggi yang mampu merespon dan siswa yang berkemampuan rendah hanya bersikap pasif. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dengan materi yang sampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. (2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap hasil belajar siswa pada materi materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Hasan Muchyi Kediri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment design yaitu nonequvalent control group design. Dengan populasi kelas VIII MTs Hasan Muchyi dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII A dan VIII GH. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII GH sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 2.093 < �ℎ����� = 23.311 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 2.093 < �ℎ����� = 22.692 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII diMTs Hasan Muchyi Kediri yang ditunjukkan dengan perolehan ������ 5% = 32.670 < �ℎ����� = 61,061 dengan dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211173021 NIEKY FRANTIKA ARIANTO |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 05:37 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 05:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23009 |
Actions (login required)
View Item |