LINDA MAYASARI, 12209173098 (2021) PERAN PENDIDIK (DIDACTIC, REFLECTIVE, AFFECTIVE ROLES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN MTs KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (414kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Affective Roles) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS pada Masa Pandemi Covid 19 di Lingkungan MTs Kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Mayasari, NIM 12209173098, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Nur Isroatul Husna, M.Pd. Kata Kunci: Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Affective Roles), Motivasi Belajar IPS dan Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dilapangan terkait aktivitas belajar para siswa, yaitu minat belajar siswa yang perlahan-lahan semakin menurun sejak awal pandemi akibat diberlakukannya pelaksanaan pembelajaran dengan tidak tatap muka. Oleh karna itu perlu adanya usaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan peran pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS Pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni wawancara dengan guru IPS pada MTs di lingkungan Kecamatan Sumbergempol. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan peran pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19 sebagai berikut : pada peran pendidik didactic, pendidik menggunakan sumber belajar buku Paket IPS dan LKS, cara penyampaiannya yaitu dengan meringkas materi dalam bentuk word/pdf atau menjelaskan materi melalui voice note, sedangkan medianya yaitu menggunakan media gambar dan aplikasi WhatsApp, E-learning, dan google form. Pada peran pendidik reflective, pendidik menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, metode yang digunakan bervariasi seperti metode ceramah, metode tanya jawab dan metode pemberian tugas. model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery learning dan problem based learning. Dan pendidik melakukan evaluasi disetiap awal atau akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Pada peran pendidik affective untuk meningkatkan motivasi belajar IPS yaitu pendidikmemberikan contoh yang baik dan tidak bosan-bosan memberikan nasehat. Pendidik juga terkadang memberi ancaman atau bahkan hukuman untuk memberi rasa jera. (2) Faktor penghambat yang dihadapi pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19 dilingkungan MTs Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yaitu faktor internal meliputi kurangnya minat belajar pada peserta didik dan kesulitan memahami materi. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu keterbatasan ekonomi dan fasilitas sekolah yang kurang memadai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan > Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Motivasi Belajar Pandemi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209173098 LINDA MAYASARI |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 01:14 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 01:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23041 |
Actions (login required)
View Item |