PERAN PENDIDIK (DIDACTIC, REFLECTIVE, AFFECTIVE ROLES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN MTs KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

LINDA MAYASARI, 12209173098 (2021) PERAN PENDIDIK (DIDACTIC, REFLECTIVE, AFFECTIVE ROLES) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN MTs KECAMATAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Affective Roles) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS pada Masa Pandemi Covid 19 di Lingkungan MTs Kecamatan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Mayasari, NIM 12209173098, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Nur Isroatul Husna, M.Pd. Kata Kunci: Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Affective Roles), Motivasi Belajar IPS dan Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dilapangan terkait aktivitas belajar para siswa, yaitu minat belajar siswa yang perlahan-lahan semakin menurun sejak awal pandemi akibat diberlakukannya pelaksanaan pembelajaran dengan tidak tatap muka. Oleh karna itu perlu adanya usaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan peran pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS Pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni wawancara dengan guru IPS pada MTs di lingkungan Kecamatan Sumbergempol. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan peran pendidik (didactic, reflective, affective roles) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19 sebagai berikut : pada peran pendidik didactic, pendidik menggunakan sumber belajar buku Paket IPS dan LKS, cara penyampaiannya yaitu dengan meringkas materi dalam bentuk word/pdf atau menjelaskan materi melalui voice note, sedangkan medianya yaitu menggunakan media gambar dan aplikasi WhatsApp, E-learning, dan google form. Pada peran pendidik reflective, pendidik menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, metode yang digunakan bervariasi seperti metode ceramah, metode tanya jawab dan metode pemberian tugas. model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery learning dan problem based learning. Dan pendidik melakukan evaluasi disetiap awal atau akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Pada peran pendidik affective untuk meningkatkan motivasi belajar IPS yaitu pendidikmemberikan contoh yang baik dan tidak bosan-bosan memberikan nasehat. Pendidik juga terkadang memberi ancaman atau bahkan hukuman untuk memberi rasa jera. (2) Faktor penghambat yang dihadapi pendidik untuk meningkatkan motivasi belajar IPS pada masa pandemi Covid-19 dilingkungan MTs Kecamatan Sumbergempol Tulungagung yaitu faktor internal meliputi kurangnya minat belajar pada peserta didik dan kesulitan memahami materi. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu keterbatasan ekonomi dan fasilitas sekolah yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Guru
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pandemi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173098 LINDA MAYASARI
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:14
Last Modified: 08 Nov 2021 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23041

Actions (login required)

View Item View Item