STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING HAFALAN JUZ ‘AMMA MELALUI DARING PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 TULUNGAGUNG

NILNA MUMA ZULFA ULINNUHA, 12205173143 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING HAFALAN JUZ ‘AMMA MELALUI DARING PADA PESERTA DIDIK DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membimbing Hafalan Juz ‘Amma melalui Daring pada Peserta Didik di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nilna Muma Zulfa Ulinnuha, NIM. 12205173143, dibimbing oleh Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Hafalan Juz ‘Amma, Daring Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengenalan al-Qur’an pada anak. Sehingga perlu adanya bimbingan dalam pengenalan al-Qur’an pada anak untuk meningkatkan kualitas bacaan ataupun hafalan al-Qur’an, baik dari segi kefashihan, ketepatan tajwid, dan kelancaran. Oleh sebab itu dalam membimbing hafalan diperlukan sebuah strategi. Pada situasi saat ini, adanya wabah COVID-19 menjadi tantangan baru bagi seorang guru untuk melakukan strategi baru dalam kegiatan pembelajaran daring. Maka, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam membimbing hafalan juz ‘amma secara daring. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam membimbing kefashihan dan ketepatan tajwid menghafal juz ‘amma secara daring pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam membimbing kelancaran menghafal juz ‘amma secara daring pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan strategi guru dalam membimbing hafalan juz ‘amma secara daring pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di MIN 1 Tulungagung. Peneliti mendapatkan data berdasarkan data lisan, tingkah laku subjek, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi guru dalam membimbing kefashihan dan ketepatan tajwid menghafal juz ‘amma secara daring pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung, dilakukan dengan a) Membentuk tim guru program tahfidz; b) Guru menekankan kepada peserta didik untuk lebih memperhatikan bacaan tajwid dan makhraj huruf ayat al-Qur’an; dan c) Membuat video sebagai media pembelajaran. (2) Strategi guru dalam membimbing kelancaran menghafal juz ‘amma secara daring pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung, dilakukan dengan cara a) Menerapkan metode wahdah; dan b) Metode muraja’ah. (3) Hambatan strategi guru dalam membimbing hafalan juz ‘amma secara daring adalah a) Jaringan internet yang tidak memadai; b) Kurangnya pendampingan orang tua; dan c) kurangnya motivasi dari orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173143 NILNA MUMA ZULFA ULINNUHA
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:24
Last Modified: 18 Nov 2021 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23104

Actions (login required)

View Item View Item