STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK

IIS SATUR ROHMAH, 12201173302 (2021) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Iis Satur Rohmah NIM. 12201173302. Dosen Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institus Agama Islam Negeri Tulungagung 2021. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Meningkatkan Minat Belajar. Penelitian dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MAN 1 Trenggalek” ini dilatar belakangi kurang diminatinya mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam selama ini, karena guru menggunakan metode yang umum yaitu menggunakan metode ceramah. Untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam supaya menarik bagi peserta didik di MAN 1 Trenggalek guru Sejarah Kebudayaan Islam mempunyai strategi strategi yang berbeda dengan strategi yang digunakan oleh guru-guru Sejarah Kebudayaan Islam pada umumnya. Selain itu keterampilan guru dalam menggunakan berbagai macam strategi yang bisa meningkatkan minat belajar peserta didik terutamanya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menjadi poin tersendiri. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menigkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek (2) Pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek (3) Evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus dan lokasi penelitian yang bertempat di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu, narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, lokasi penelitian, dokumen/arsip. Metode pengumpulan data yaitu, metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan atau verivikasi data. Pengecekan keabsahan data yaitu, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, kepastian (confitmability). Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu, (1) Perencanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek adalah Penyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), meliputi a) Materi, b) Tujuan, c) Metode, d) Media, e) Sumber, f) Alokasi waktu, dan g) Penilaian yang akan digunakan. (2) Pelaksanaan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek adalah a) Membuka kegiatan belajar. b) Mengabsen peserta didik. c) Menyampaikan materi. d) Guru menyesuaikan metode yang digunakan dengan kondisi peserta didik. f) Guru membuat suasana belajar rileks, g) Menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman peserta didik yang relevan. h). Mencatat poin-poin penting materi di papan tulis i) Memberikan pertanyaan sesuai dengan kemampuan dari masing-masing peserta didik. j) Peserta didik berusaha menjawab pertanyaan dari guru. l). Mencatat jawaban-jawaban dari peserta didik di papan tulis. n) Peserta didik ikut berpartisipasi bersama-sama menyimpulkan. o) Guru memberikan tugas. (3) Evaluasi strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MAN 1 Trenggalek adalah a) Evaluasi Pre-test dan Posttest yaitu dengan melakukan kegiatan tanya jawab sebelum dan sesudah pelajaran, memberikan kuis dan tugas harian, b) Evaluasi Formatif yaitu ulangan harian, c) Evaluasi Sumatif yaitu ujian PAT (Penilaian Akhir Tahun), d) Evaluasi Diagnostic yaitu berupa remidi dan tugas tambahan, e) Evaluasi Input yaitu Pengumpulan RPP, supervisi kelas dan penilaian dari peserta didik, f) Evaluasi Proses yaitu pengumpulan tugas dan kehadiran peserta didik, g) Evaluasi hasil atau produk yaitu diskusi forum MGMP.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam
Sejarah Kebudayaan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iis 12201173302 rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:33
Last Modified: 18 Nov 2021 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item