KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII-B MTSN 8 BLITAR

FAIQOTUL HIMMA, 1724143094 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII-B MTSN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (15MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK FAIQOTUL HIMMA,1724143094, 2018, “Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Aritmetika Sosial Kelas VII-B MTsN 8 Blitar”. Skripsi , Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Sutopo, M.Pd Kata kunci :Penalaran, Pemecahan Masalah, Aritmetika Sosial Kemampuan bernalar tidak hanya dibutuhkan para siswa ketika mereka belajar matematika maupun mata pelajaran lainnya, namun sangat dibutuhkan setiap manusia disaat memecahkan masalah ataupun disaat menentukan keputusan. Apabila seorang siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah, maka siswa itu akan mampu mengambil keputusan sebab siswa itu menjadi mempunyai keterampilan tentang bagaimana mengumpulkan informasi dan betapa perlunya meneliti kembali hasil yang telah diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial, 2) Kemamapuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial, 3) Kemampuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di MTs Negeri 8 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes materi Aritmatika Sosial, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argument, 2) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan suatu argumen, 3) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi indikator mengajukan dugaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143094 FAIQOTUL HIMMA
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:28
Last Modified: 24 Nov 2021 05:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item