FAIQOTUL HIMMA, 1724143094 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII-B MTSN 8 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (15MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (459kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
Abstract
ABSTRAK FAIQOTUL HIMMA,1724143094, 2018, “Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Aritmetika Sosial Kelas VII-B MTsN 8 Blitar”. Skripsi , Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Sutopo, M.Pd Kata kunci :Penalaran, Pemecahan Masalah, Aritmetika Sosial Kemampuan bernalar tidak hanya dibutuhkan para siswa ketika mereka belajar matematika maupun mata pelajaran lainnya, namun sangat dibutuhkan setiap manusia disaat memecahkan masalah ataupun disaat menentukan keputusan. Apabila seorang siswa dilatih untuk menyelesaikan masalah, maka siswa itu akan mampu mengambil keputusan sebab siswa itu menjadi mempunyai keterampilan tentang bagaimana mengumpulkan informasi dan betapa perlunya meneliti kembali hasil yang telah diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial, 2) Kemamapuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial, 3) Kemampuan penalaran matematika siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian di MTs Negeri 8 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes materi Aritmatika Sosial, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argument, 2) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan suatu argumen, 3) Kemampuan penalaran matematika yang ditampilkan siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika memenuhi indikator mengajukan dugaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143094 FAIQOTUL HIMMA |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 05:28 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 05:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23160 |
Actions (login required)
View Item |