HUBUNGAN TINGKAT KREATIVITAS ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI DI KELAS IV MI AL HUDA 01 PANDANARUM SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

CHASITA EKA BELLA SETIAWAN, 12205173162 (2021) HUBUNGAN TINGKAT KREATIVITAS ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI DI KELAS IV MI AL HUDA 01 PANDANARUM SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK Chasita Eka Bella Setiawan. 2020. Hubungan Tingkat Kreativitas Anak dengan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Tematik Selama Pandemi di Kelas IV MI Al Huda 01 Pandanarum Sutojayan Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilarat belakangi sangat sering terjadi pada sekolah yakni siswa tidak berani untuk mengutarakan pendapatnya. Alasannya antara lain kurang percaya diri/ malu dan takut jika pendapatnya salah siswa terlihat cenderung pasif juga kurang kreatif dalam proses pembelajaran yang bisa dilihat saat siswa menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan latihan-latihan soal.Kreativitas sama pentingnya seperti intelegensi yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Ciri-ciri kreativitas siswa ini siswa terlibat aktif saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, rasa keingintahuan yang sangat besar, rasa percaya diri yang besar, kemandiriannya tinggi, berani mengemukakan pendapat, keyakinan, dan kemampuan berpikir yang divergen atau kemampuan siswa dalam mencari berbagai macam alternatif jawaban terhadap suatu persoalan yang dihadapi. Siswa yang memiliki daya kreativitas yang tinggi dia akan berusaha berhasil dalam belajar dan begitu pula sebaliknya dengan siswa yang memiliki daya kreativitas yang rendah enggan berusaha berhasil dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana prestasi belajar siswa di MI Al Huda 01 Pandanarum; bagaimana hubungan kreativitas siswa di MI Al Huda 01 Pandanarum; bagaimana hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa di MI Al Huda 01 Pandanarum. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Huda 01 Pandanarum yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian untuk variabel kreativitas adalah kuesioner dan variabel prestasi belajar adalah tes hasil belajar atau prestasi belajar. Validitas ini diperoleh dengan melakukan uji pakar, yakni dosen validitas dan guru kelas. Validitas butir diperoleh dengan melakukan uji coba. Reliabilitas instrumen kreativitas adalah = 0,960 dan reliabilitas instrumen tes hasil belajar = 0,508. Berdasarkan analisis yang didapatkan bahwa (1) prestasi belajar siswa yang didapatkan melalui tes hasil belajar atau prestasi belajar tersebut di MI Al Huda 01 Pandanarum kelas IV termasuk pada golongan yang tinggi (2) tingkat kreativitas siswa di MI Al Huda 01 Pandanarum kelas IV termasuk pada golongan yang tinggi (3) terdapatnya hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasinya sebesar 92,4% sedangkan 7,6% sisanya terdapat dari faktor di luar kreativitas misalkan seperti motivasi, bakat, bahkan juga intelegensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173162 CHASITA EKA BELLA SETIAWAN
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:33
Last Modified: 22 Nov 2021 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23172

Actions (login required)

View Item View Item