Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 2010/2011

TRIONO, EDI (2011) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Karangrejo Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
Cover-Abstrak 11.docx

Download (40kB)
[img] Text
daftarrrrr pussstttaakkaaa 11.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL), Minat dan hasil belajar matematika Contextual Teaching & Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pemanfaatan pembelajaran kontekstual akan menciptakan ruang kelas yang di dalamnya siswa akan menjadi peserta aktif bukan hanya pengamat yang pasif dan bertanggung jawab terhadap belajarnya. Melalui pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011? (2) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011? (3) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011? Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Contextual Teaching & Learning. Sedangkan variabel terikatnya adalah minat (Y1) dan hasil (Y2) belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Karangrejo yang berjumlah 218 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu diambil dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan homogen dan sudah mencapai materi yang sama. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 01-30 april 2011 di MTsN Karangrejo. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview, metode metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Untuk analisis data peneliti menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji –“t” test dan uji chi-square. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011 dengan koefisien thitung = 4,672 dan 4,694 > ttabel = 2,000 (5%) (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011 dengan koefisien thitung = 4,709 dan 4,702 > ttabel = 2,000 (5%) (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Contextual Teaching & Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Karangrejo tahun ajaran 2010/2011 dengan koefisien X2hitung = 18,710 > X2tabel = 11,1 (5%).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 21 Sep 2015 07:14
Last Modified: 21 Sep 2015 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item