KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS PISA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

REDIKA AMIRUL MUKMININ, 12204173178 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS PISA DITINJAU DARI SELF EFFICACY KELAS XI DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis PISA Ditinjau dari Self Efficacy Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Redika Amirul Mukminin, NIM. 12204173178, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika PISA, Self Efficacy Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana kemampuan berpikir kreatif diakui sebagai faktor penting dalam pemberdayaan fungsi pada manusia. Kemampuan berpikir kreatif sangatlah penting dikembangkan mengingat bagaimana begitu kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Dan juga keyakinan pada kemampuan diri sendiri (self-efficacy) merupakan salah satu faktor non kognitif yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis PISA ditinjau dari self efficacy pada kelas XI SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung dengan subjek penelitian yang diambil 5 siswa kelas XI MIPA 6 berdasarkan hasil tes. Data yang digunakan adalah data hasil tes siswa dan wawancara dengan siswa. Tes yang diberikan adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang berbasis PISA. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy dari 5 subjek. Analisis yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif yang dicapai oleh siswa adalah tingkat berpikir kreatif 4 meliputi indikator kefasihan, kefleksibelan, dan kebaharuan, sedangkan tingkat 3 meliputi indikator kefasihan dan kefleksibelan atau kefleksibelan dan kebaharuan, atau kefasihan dan kebaharuan, dan yang terakhir tingkat 2 meliputi satu indikator kefleksibelan atau kebaharuan. Sementara itu dari hasil wawancara dengan subjek mayoritas siswa XI MIPA 6 mampu mencapai keseluruhan dari indikator self efficacy sehingga dapat disimpulkan siswa kelas XI MIPA 6 memiliki atau berkemampuan self efficacy yang tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204173178 Redika Amirul Mukminin
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:21
Last Modified: 26 Nov 2021 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23245

Actions (login required)

View Item View Item